KOMPETENSI DASAR BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN
KOMPETENSI DASAR BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN
KELAS VII
ASPEK BUDIDAYA
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
Pengertian tanaman sayuran
Jenis-jenis dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
Sarana produksi budidaya tanaman sayuran
a. Bahan
Benih atau bibit
Pupuk
Perstisida
Media Tanam ( Organik dan Non Organik
b. Alat
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian akarnya
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian batangnya
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Daunnya
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Buahnya
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Bunganya
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Bijinya
Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Umbi lapis
Menyebutkan pengertian sayuran beserta contohnya
Menyebutkan jenis tanaman sayuran
Menyebutkan syarat tumbuh tanaman sayuran
Mengidentifikasi sarana yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman sayuran
Menjelaskan perbedaan antara benih dan bibit disertai dengan contohnya
Meyebutkan manfaat pupuk dalam pemeliharaan tanaman
Membedakan pestisida alami dan buatan
Mencocokan media tanam dengan tanaman yang akan ditanam
Mengidentifikasi alat-alat yag digunakan dalam pembudidayaan tanaman sayuran
Mengidentifikasi komoditas tanaman sayuran yang akan ditanam di laboratorium Bale Atikan sesuai dengan manfaat yang dapat diambil.
3.2 Memahami tahapan budidaya tanaman sayuran
4.2 Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman sayuran
Tahapan budidaya tanaman sayuran
persiapan lahan/media tanam,
pembibitan,
pemupukan,
pengendalian hama penyakit,
pemeliharaan,
pemanenan,
pasca panen)
Praktik budidaya tanaman sayuran
Pemeliharaan tanaman sayuran pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
Memahami pentingnya tahapan budidaya tanaman sayuran
Memperkirakan luas lahan atau media tanam lain yang diperlukan dalam menanam tanaman sayuran.
Menentukan bibit tanaman sesuai dengan syarat benih yang baik selama di semai
Membedakan pupuk kandang dan pupuk buatan
Menentukan waktu pemupukan yang tepat
Memecahkan masalah hama pengganggu tanaman
Memperhatikan waktu tumbuh kembang tanaman sayuran
Memperkirakan waktu panen untuk tanaman sayuran yang ditanam pada program tatanen dibale atikan
Memecahkan masalah secara teoritis mengenai pasca panen tanaman sayuran
Merencanakan jenis tanaman sayuran yang akan ditanam di tanah
Mempersiapkan Alat dan Bahan
Mempraktikan penanaman tanaman sayuran yaitu pada lahan terbuka
Mencatat waktu tumbuh kembang tanaman sayuran
Melakukan Pemeliharaan harian
Melakukan Pemanenan
Pengolahan Pasca Panen
Memahami komoditas tanaman obat yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
4.3 Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
Pengertian tanaman obat
Jenis dan persyaratan tumbuh tanaman obat
Sarana produksi budidaya tanaman obat
a. Bahan
Benih atau bibit
Pupuk
Perstisida
Media Tanam ( Organik dan Non Organik)
b. Alat
Tanaman obat keluarga dari akar rimpang
Tanaman obat keluarga dari buah
Tanaman obat keluarga dari biji
Tanaman obat keluarga dari Akar
Tanaman obat keluarga dari Batang
Tanaman obat keluarga dari Daun
Tanaman obat keluarga dari Bunga
Menyebutkan pengertian tanaman obat beserta contohnya
Menyebutkan tanaman obat yang ada di sekitar lingkungan rumah
menyebutkan manfaat masing-masing tanaman obat
Mengidentifikasi sarana yang digunakan dalam pembudidayaan tanaman obat
Menjelaskan perbedaan antara benih dengan bibit
Menyebutkan manfaat pupuk dalam pemeliharaan tanaman obat
Membedakan pestisida alami dan buatan
Memperkirakan komposisi media tanam dengan tanaman yang akan ditanam
Mengidentifikasi alat yang digunakan dalam pembudidayaan tanaman obat
Memilih komoditas tanaman obat keluarga yang akan ditanam di laboratorium Bale Atikan sesuai dengan bagian yang dapat diambil manfaatnya
Memahami tahapan budidaya tanaman obat
4.4 Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman obat
Tahapan budidaya tanaman obat
persiapan lahan/media tanam,
pembibitan,
pemupukan,
pengendalian hama penyakit,
pemeliharaan,
pemanenan,
pasca panen)
Praktik budidaya tanaman obat
Pemeliharaan tanaman obat pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam
Memahami pentingnya tahapan budidaya tanaman obat
Memperkirakan luas lahan atau media tanam lain yang diperlukan dalam menanam tanaman obat.
Menentukan bibit tanaman sesuai dengan syarat bibit yang baik
Membedakan pupuk alami dan pupuk buatan
Menentukan waktu pemupukan yang tepat
Memecahkan masalah hama pengganggu tanaman
Memperhatikan waktu tumbuh kembang tanaman obat
Memperkirakan waktu panen untuk tanaman obat yang ditanam pada program tatanen dibale atikan
Memecahkan masalah secara teoritis mengenai pasca panen tanaman obat
Merencanakan jenis tanaman obat yang akan ditanam di tanah
Mempersiapkan Alat dan Bahan
Mempraktikan penanaman tanaman obat pada lahan terbuka
Mencatat waktu tumbuh kembang tanaman
Pemeliharaan harian
Pemanenan
Pasca Panen
SEMESTER 2
ASPEK PENGOLAHAN
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan minuman segar yang ada di wilayah setempat
4.1 Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
Jenis bahan dasar , bahan bantu , dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat rancangan pembuatan minuman dan makanan dari buah segar
Mengolah bahan pangan menjadi makanan dan minuman dari buah segar
Membedakan pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
.
Mendeskripsikan pengertian dari teknik-teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
.
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar buah
Mengolah buah menjadi makanan dan minuman,
mengemas dan menyajikan makan dan minuman segar berbahan dasar buah
3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat
4.2 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
Jenis bahan dasar , bahan bantu,
dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat rancangan pembuatan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar
Mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Menjelaskan teknik yang digunakan dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
mengemas dan menyajikan makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar buah menjadi produk pangan
3.3 Memahami rancangan pengolahan , penyajian dan pengemasan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan atau minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat
4.3 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat rancangan pembuatan minuman dan makanan dari sayuran
Mengolah bahan pangan menjadi makan dan minuman
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan sayuran
Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran.
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Mengolah sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan
mengemas dan menyajikan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran
Memahami rancangan pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempatwilayah setempat menjadi produk pangan
4.5 Pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat rancangan pembuatan hasil samping dari pengolahan minuman dan makanan dari sayuran
Mengolah bahan hasil samping dari pengolahan bahan pangan sayuran menjadi makan dan minuman
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar Sayuran menjadi produk pangan
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
mengemas dan menyajikan makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar sayuran menjadi produk pangan
KELAS VIII
SEMESTER 1
ASPEK BUDIDAYA
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
Menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing,) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
Pengertian Ternak Kesayangan
Jenis ternak kesayangan
persyaratan hidup ternak kesayangan (kebutuhan pakan,pemeliharaan)
Menentukan komoditas ternak kesayangan
Menjelaskan pengertian ternak kesayangan
Mengidentifikasi jenis hewan kesayangan
Menjelaskan syarat yang layak untuk hidupnya ternak kesayangan
Mengidentifikasi prilaku hewan kesayangan berdasarkan literatur atau pengalaman pribadi
Menentukan komoditas ternak kesayangan, meliputi jenis, kebutuhan pakan, pemeliharaan, dan nilai ekonomis
3.2 Memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing,)
4.2 Mempersiapkan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
Jenis sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan
Kebutuhan kandang dan peralatan
Persiapan kandang dan peralatan budidaya ternak kesayangan
Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan prasarana budidaya ternak kesayangan
Menunjukkan peralatan yang harus disediakan untuk kehidupan ternak kesayangan
Mengidentifikasi kebutuhan kandang untuk kenyamanan hewan kesayangan
Menyebutkan karakteristik hewan yang sesuai dengan sarananya untuk ternak kesayangan
Membuat rancangan dalam bentuk gambar/tertulis kegiatan persiapan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan .
Melakukan ekperimen pembuatan sarana untuk pemeliharaan ternak kesayangan dengan skala kecil yang dapat dilakukan peserta didik di sekolah atau di rumah
3.3 Memahami tahapan
budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
4.3 Mempraktikkan tahapan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)
Perkandangan ternak kesayangan
Sarana produksi ternak Kesayangan
Pakan Ternak Kesayangan
Kesehatan Ternak Kesayangan
Pemeliharaan Ternak Kesayangan
Budidaya Ternak Kesayangan
Menjelaskan tentang tahapan budidaya ternak kesayangan.
Menghitung luas kandang yang memadai untuk ternak kesayangan sesuai dengan kakrkterik hewannya
Membedakan jenis pakan untuk masing –masing ternak kesayangan
Membedakan teernak yang sehat dan yang sakit dari prilaku ternak kesayangan
Mengecek kesehatan ternak kesayangan secara berkala
Mempraktikan budidaya ternak kesayangan sesuai dengan tahapan nya
Melakukan pemeliharaan kesehatan ternak kesayangan
3.4 Menganalisis komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.4 Menerapkan komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
Pengertian satwa harapan
Jenis dan persyaratan hidup satwa harapan (jangkrik, cacing, magot, ulat sutra)
Komoditas satwa harapan (jangkrik, cacing, magot, ulat sutra)
Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan prasarana budidaya satwa harapan
Menunjukkan peralatan yang harus disediakan untuk kehidupan satwa harapan
Mengidentifikasi kebutuhan kandang untuk kenyaman satwa harapan
Menyebutkan karakteristik satwa harapan
Menentukan komoditas ternak kesayangan, meliputi jenis, kebutuhan pakan, pemeliharaan, dan nilai ekonomis
3.5 Memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
4.5 Menentukan sarana dan peralatan ternak satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
Kebutuhan ternak satwa harapan
karateristik ternak satwa harapan
sarana dan peralatan produksi budidaya satwa harapan
Teknik pembuatan sarana untuk budidaya satwa harapan
Persiapan sarana dan peralatan budidaya satwa harapan.
Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan prasarana budidaya satwa harapan
Menyebutkan karakteristik hewan yang sesuai dengan sarananya untuk satwa harapan
Menunjukkan peralatan yang harus disediakan untuk kehidupan satwa harapan
Mengidentifikasi kebutuhan kandang untuk kenyamanan satwa harapan
Membuat rancangan dalam bentuk gambar/tertulis kegiatan persiapan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan .
Melakukan ekperimen pembuatan sarana untuk pemeliharaan ternak kesayangan dengan skala kecil yang dapat dilakukan peserta didik di sekolah atau di rumah
Memahami tahapan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
4.6 Mempraktikkan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)
Tahapan budidaya satwa harapan
Pemeliharaan satwa harapan sesuai dengan wilayah setempat
Menjelaskan tahapan-tahapan dalam budidaya satwa harapan
Melakukan budidaya ternak kesayangan sesuai dengan tahapan budidaya
Melakukan pemeliharaan kesehatan ternak kesayangan
SEMESTER 2
ASPEK PENGOLAHAN
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
3.1 Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman yang ada wilayah setempat
4.1 Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan minuman sesuai rancangan
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat Rancangan pengolahan bahan pangan serealia
Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar serealia
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi.
Mendeskripsikan pengertian dari teknik-teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi.
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi
Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman,
mengemas dan menyajikan makan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi
3.2 Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat
4.2 Mengolah bahan pangan setengah jadi dari bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat
Jenis bahan dasar, bahan bantu, dan bahan kemasan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat Rancangan pengolahan bahan pangan serealia menjadi bahan setengan jadi
Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman menjadi bahan setengah jadi
mengemas dan menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi
3.3 Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat
4.3 Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi setengah jadi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan jadi (siap saji)
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat Rancangan pengolahan bahan pangan serealia menjadi produk pangan jadi
Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan jadi
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman menjadi bahan jadi
mengemas dan menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
3.4 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat
4.4 Pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan hasil samping pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan jadi (siap saji)
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat Rancangan pengolahan hasil samping bahan pangan serealia menjadi produk pangan jadi
Mengolah bahan hasil samping pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan jadi
Menjelaskan jenis bahan dasar hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan hasil samping makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar hasil samping pengolahan serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan hasil samping makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam pengolahan hasil samping makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman menjadi bahan jadi
mengemas dan menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi
KELAS IX
SEMESTER 1
ASPEK BUDIDAYA
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
Pengertian ikan konsumsi
Jenis ternak ikan konsumsi di wilayah setempat dan lainnya
Penentuan komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan
Sarana dan peralatan budi daya ikan konsumsi
Pemeliharaan sarana budidaya ikan konsumsi
Ikan konsumsi yang dapat diternakkan
Pengertian ikan konsumsi
Mengidentifikasi jenis ikan konsumsi yang dapat dikembangkan
Merumuskan dan menentukan komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan
Mendeskripsikan sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam ternak ikan konsumsi
Menjelaskan teknik pemeliharaan ikan konsumsi
Memilih jenis ikan konsumsi yang dapat dikembangkan
3.2 Memahami sarana dan peralatan untuk budidaya ikan konsumsi
4.2 Menyiapkan sarana dan peralatan untuk budidaya ikan konsumsi
Pengertian wadah budidaya ikan
Jenis wadah budidaya ikan konsumsi
Sarana produksi wadah budidaya ikan konsumsi
Pembuatan wadah budidaya ikan konsumsi
Mendeskripsikan wadah dalam budidaya ikan konsumsi
Mengidentifikasi jenis wadah budidaya ikan konsumsi
Menyebutkan kebutuhan sarana pada budidaya ikan konsumsi
Membuat rancangan dalam bentuk gambar sarana dan peralatan budidaya ikan konsumsi .
Melakukan ekperimen pembuatan sarana untuk budidaya ikan hias dengan skala kecil
3.3 Memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan konsumsi
4.3 Mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan konsumsi
Pengertian tahapan budidaya ikan konsumsi
Sarana budidaya ikan konsumsi
Pemeliharaan ikan konsumsi
Budidaya ikan konsumsi
Menjelaskan tentang tahapan budidaya ikan konsumsi.
Menyebutkan kebutuhan sarana pembudidayaan ikan konsumsi
Menjelaskan cara pemeliharaan ikan hias
Melakukan pembudidayaan ikan konsumsi sesuai dengan tahapan budidaya
3.4 Memahami komoditas ikan hias yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.4 Menentukan komoditas ikan hias yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
Pengertian ikan hias.
Jenis ikan hias
Komoditas ikan hias
Sarana Pembudidayaan ikan hias
Pemeliharaan ikan hias
Jenis ikan hias yang dapat dikembangkan/diternak sesuai dengan wilayah setempat
Pengertian ikan hias
Mengidentifikasi jenis ikan hias yang dapat dikembangkan
Merumuskan dan menentukan komoditas ikan hias yang dapat dikembangkan
Mendeskripsikan sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam ternak ikan hias
Menjelaskan teknik pemeliharaan ikan hias
Memilih jenis ikan hias yang dapat dikembangkan
3.5 Memahami sarana dan peralatan untuk budidaya ikan hias
4.5 Mengembangkan sarana dan peralatan untuk budidaya ikan hias
Budidaya Ikan Hias meliputi:
Jenis wadah pemeliharaan ikan hias
Sarana Pembudidayaan ikan hias
Menyiapkan Jenis Sarana produksi budidaya ikan hias
Mendeskripsikan wadah dalam budidaya ikan hias
Mengidentifikasi jenis wadah budidaya ikan hias
Menyebutkan kebutuhan sarana pada budidaya ikan konsumsi
Membuat rancangan dalam bentuk gambar sarana dan peralatan budidaya ikan hias
3.6 Memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias
4.6 Mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan hias
Pengertian tahapan budidaya ikan hias
Sarana budidaya ikan hias
Pemeliharaan ikan hias
Budidaya ikan hias
Menjelaskan tentang tahapan budidaya ikan hias
Menyebutkan kebutuhan sarana pembudidayaan ikan hias
Menjelaskan cara pemeliharaan ikan
Melakukan pembudidayaan ikan hias sesuai dengan tahapan budidaya
SEMESTER 2
ASPEK PENGOLAHAN
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
3.1 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi makanan yang ada di wilayah setempat
4.1 Mengolah bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi makanan serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan telur dan susu
Teknik pengemasan dan penyajian
Membuat rancangan pengolahan telur dan susu menjadi makanan
Mengolah telur dan susu menjadi makanan
Membedakan pengolahan makanan berbahan dasar telur dan susu
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan berbahan dasar telur dan susu
Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan berbahan dasar telur dan susu
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan berbahan dasar telur dan susu
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan berbahan dasar telur dan susu
.
Mendeskripsikan pengertian dari teknik-teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman segar berbahan dasar telur dan susu
.
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan berbahan dasar telur dan susu
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan berbahan dasar telur dan susu
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan makanan berbahan dasar telur dan susu
Mengolah telur dan susu menjadi makanan ,
mengemas dan menyajikan makanan berbahan dasar telur dan susu
3.2 Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat
4.2 Membuat bahan pangan setengah jadi dari bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan telur dan susu menjadi produk setengah jadi
Teknik pengemasan dan penyajian
Pembuatan rancangan pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk setengah jadi
Mengolah telur dan susu menjadi produk setengah jadi
Menjelaskan jenis bahan dasar untuk diolah menjadi bahan setengah jadi dari telur dan susu
Menjelaskan jenis bahan bantu untuk diolah menjadi bahan setengah jadi dari telur dan susu
Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
Menjelaskan teknik yang digunakan dalam pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
Menjelaskan langkah-langkah dalam pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
Mengolah telurvdan susu menjadi bahan setengah jadi
mengemas dan menyajikan hasil pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi
3.3 Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat
4.3 Membuat bahan pangan hasil peternakan (daging,telur, susu) dan perikanan (ikan, udang,cumi, rumput laut) setengah jadi menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
Jenis bahan dasar dan bahan bantu
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan telur dan susu menjadi bahan jadi ( siap saji)
Teknik pengemasan dan penyajian
Pembuatan rancangan pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk setengah jadi
Mengolah telur dan susu menjadi produk setengah jadi
Menjelaskan jenis bahan dasar pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Menjelaskan langkah-langkah dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
mengemas dan menyajikan hasil pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu
3.4 Menganalisis prinsip prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat
4.4 Mengolah, menyajikan, dan mengemas hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan
Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan
Jenis alat dan kegunaannya
Teknik dan langkah-langkah pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Teknik pengemasan dan penyajian
Pembuatan rancangan pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Mengolah telur dan susu menjadi produk pangan
Menjelaskan jenis bahan dasar hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Menjelaskan jenis bahan bantu hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan dari hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Mengidentifikasi jenis dan alat dari hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Menjelaskan fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dari hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
.
Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
mengemas dan menyajikan dari hasil samping dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan
Teknik Penilaian Prakarya (Tatanen di Bale Atikan)
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dilakukan untuk mengetahui potensi intelektual yang terdiri atas kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkraesi (Anderson & krathwohl, 2001)
Teknik Penilaian Pengetahuan
Teknik
Bentuk Instrumen
Tujuan
Tes tertulis
Benar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, menjodohkan, pilihan ganda komplek, isian singkat/melengkapi, uraian
Mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik untuk perbaikan proses pembelajaran dan/atau pengambilan nilai (Assesmen of Learning dan Assesmen For Learning)
Tes Lisan
Tanya Jawab
Mengecek Pemahaman peserta didik untuk perbaikan proses pembelajaran (Assesmen for Learning)
Penugasan
Tugas yang dilakukan secara individu maupun kelompok
Memfasilitasi penguasaan pengetahuan (bila diberikan selama proses pembelajaran atau Assesmen for learning) atau mengetahui pengusaan pengetahuan (bila diberikan pada akhir pembelajaran atau assesmen of learning)
Portofolio
Sampel pekerjaan peserta didik terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis
Sebagai (sebagian) bahan guru mendeskripsikan capaian pengetahuan di akhir semester.
Guru boleh memilih teknik penilaian pengetahuan yang sesuai dengan materinya
Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik untuk menilai sejauh mana pencapaian KI dan KD dalam dimensi keterampilan.
Penilaian Keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
Teknik Penilaian Keterampilan
Teknik
Bentuk Instrumen
Tujuan
Kinerja
Lembar Observasi dan Rubrik penilaian
Mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/atau hasil (Produk)
Proyek
Lembar Observasi dan Rubrik penilaian
Mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu tugas dalam periode/waktu tertentu
Portofolio
Lembar Observasi dan Rubrik penilaian
Sampel karya peserta didik yang terbaik dari KD keterampilan untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan (dalam satu semester)
Guru boleh memilih teknik penilaian keterampilan yang sesuai dengan materi ajar
Contoh Kisi-Kisi Penilaian Kinerja
Nama Sekolah : SMP ……………………….
Kelas/semester : ……………………………….
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Mata Pelajaran : Prakarya
No
Kompetensi Dasar Keterampilan
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
4.2 Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman sayuran
Praktik budidaya tanaman sayuran dengan media polybag
Peserta didik dapat
Merencanakan jenis tanaman sayuran yang akan ditanam di tanah
Mempersiapkan Alat dan Bahan
Mempraktikan penanaman tanaman sayuran pada lahan terbuka
Mencatat waktu tumbuh kembang tanaman sayuran
Pemeliharaan harian
Pemanenan
Pasca Panen
kinerja
Contoh tugas penilaian kinerja
Tanamlah kangkung dalam pot dengan menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan
Ikuti langkah-langkah percobaan sesuai prosedur!
Alat dan Bahan
Polybag volume 5 liter tanah, diameter atas 15 cm, tinggi 25 cm
Tanah 5 liter
NPK compound dan urea secukupnya
Benih kangkung yang sudah disemai dan ditiriskan
Air
Contoh Lembar Observasi Penilaian Kinerja
No
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
3
4
1
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2
Melakukan kegiatan praktikum
3
Produk
4
Membuat laporan
Jumlah skor
Skor maksimum
Nilai
Guru boleh sama atau menambah poin Aspek yang dinilai yang sesuai dengan materi
Contoh Rubrik Penilaian Kinerja
No
Indikator
Rublik
1
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2 = Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
1 = Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
0 = Tidak menyiapkan alat bahan
2
Melakukan kegiatan praktikum
4 = melakukan 9 langkah kerja dengan tepat
3 = melakukan 6-8 langkah kerja dengan tepat
2 = melakukan 3-5 langkah kerja dengan tepat
1 = melakukan 1-2 langkah kerja dengan tepat
0 = tidak melakukan langkah kerja
Langkah Kerja
Memasukan tanah ke dalam pot dengan mengisi volume tanah setengah dari pot.
menaburkan pupuk dasar (NPK compound dan urea) secukupnya.
Menutup kembali dengan tanah sampai sekitar 4 cm dari permukaan atas pot.
Menuangkan air ke tanah bagian atas dari pot (hingga kondisi lembab)
Menanam kurang lebih 5 – 10 butir benih kangkung dipermukaan pot yang lembab dan sudah diberi air.
Melakukan penyiraman selama benih berkembang menjadi bibit sampai dapat dipanen untuk memastikan kondisi tanah cukup lembab dan tidak boleh kering
Melakukan pemupukan
Melakukan penyiangan setiap kali ada rumput yang tumbuh
Melakukan penyemprotan pestisida jika gejala serangan hama/penyakit sesuai dengan hama/penyakit yang muncul,
3
Produk
4 : tanaman kangkung lebat daun
3 : tanaman kangkung berdaun sedang,
2 : tanaman kangkung kurus dan berdaun sedikit
1: tanaman kangkung tidak subur
0 = tanaman kangkung tidak tumbuh
4
Membuat laporan
3 = Memenuhi 3 kriteria
2 = Memenuhi 2 kriteria
1 = memenuhi 1 kriteria
0 = tidak memenuhi kriteria
Kriteria laporan :
Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)
Data, pembahasan, dan kesimpulan benar
Komunikatif (secara lisan dan tulisan)
Nilai = Total Skor Perolehan x 100
Total skor maksimum
Contoh Kisi-Kisi Penilaian Proyek
Nama Sekolah : SMP …………………………..
Kelas/semester : ………………………………….
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Mata Pelajaran : Prakarya
No
Kompetensi Dasar Keterampilan
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
4.8 Membuat artikel tentang masalah pencemaran pasca panen di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
Pasca Panen
Peserta didik dapat merencanakan, melaksanakan dan membuat pupuk organik dari limbah pasca panen.
Proyek
Contoh tugas penilaian Proyek
Buatlah pupuk organik kering sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah pencemaran sampah organik pasca panen, dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitarmu.
Carilah beberapa sumber tentang cara membuat pupuk organik kering.(kalian boleh memilih 1)
Mintalah bantuan pada guru atau orang tua mu jika kamu mengalami kesulitan.
Tulislah judul proyek, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah pembuatannya dan hasilnya sebagai laporan tertulis
Praktikan sesuai dengan langkah kerja
Video atau photo langkah langkah kerjanya dari mulai perencanaan sampai jadi produknya sebagai lampiran laporan
Laporkan hasilnya secara lisan dengan cara dipresentasikan didepan kelas
Contoh Alat dan Bahan
1. Pupuk organik dari limbah pasca panen
- Air 10 liter
- Air beras 2 liter
- Air kelapa 1 liter
- Gula merah 1/2 kilo
- Kotoran kambing 1 karung kecil basah
- Drum besar
Cara membuat kompos dari dedaunan dengan starter em4
Sampah daun dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. ...
Masukkan sampah daun ke dalam tempat pembuatan kompos. ...
Setiap lapis disiram dengan em4 atau mol yang sudah kita buat tadi.
Tutup, tapi tidak usah terlalu rapat. ...
Setiap 3 hari sekali dilakukan pembalikan daun
Contoh Lembar Observasi Penilaian Proyek
No
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
3
4
1
Kemampuan merencanakan
2
Kemampuan mencari sumber yang tepat dan akurat
3
kemampuan mendokumentasikan langkah kerja dan hasil sesuai rencana(Video/photo) l
4
Produk (Pupuk)
5
Membuat laporan
Jumlah skor
Skor maksimum
Nilai
Guru boleh sama atau menambah poin Aspek yang dinilai yang sesuai untuk program Tatanen di bumi atikan masing-masin
Contoh Rublik Penilaian Proyek
No
Indikator
Rublik
1
Kemampuan perencanaan
2 = Perencanaan lengkap (judul, tujuan, alat bahan, cara kerja, hasil)
1 = Perencanaan kurang lengkap
0 = Tidak ada perencanaan
2
Kemampuan mencari sumber
2 = mencari sumber yang tepat dan akurat
1 = mencari sumber secara tepat tetapi belum akurat
0 = tidak dapat mencari sumber
3
kemampuan mendokumentasikan langkah kerja/praktik dan hasil sesuai rencana(Video/photo)
4 = mendokumentasikan praktik baik berupa photo/video dengan sangat baik.
3 = mendokumentasikan praktik baik berupa photo/video dengan baik.
2 = mendokumentasikan praktik baik berupa photo/video dengan cukup baik.
1
4
Produk
2. = pupuk sesuai dengan kriteria pupuk yang baik
1 = pupuk kurang sesuai dengan kriteria pupuk yang baik
0 = pupuk tidak dengan kriteria pupuk yang baik
5
Membuat laporan
3 = Memenuhi 3 kriteria
2 = Memenuhi 2 kriteria
1 = memenuhi 1 kriteria
0 = tidak memenuhi kriteria
Kriteria laporan :
Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)
Data, pembahasan, dan kesimpulan benar
Komunikatif (secara lisan dan tulisan)
Nilai = Total Skor Perolehan x 100
Total skor maksimum
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
:
SMPN…………………………
Mata Pelajaran
:
PRAKARYA
Kelas / Semester
:
VII/1
Materi Pokok
:
Jenis-jenis dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
Tahun Pelajaran
:
2020 / 2021
Alokasi Waktu
:
3 x JP @40 Menit
Kompetensi Dasar
:
Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
:
3.1.2 Mengamati tanaman sayuran yang ada di sekitar lingkungan rumah dan menyebutkan manfaat masing-masing tanaman sayuran tersebut
3.1.3 Mengklasifikasikan jenis tanaman sayuran sesuai dengan bagian tanaman yang diambil manfaatnya
Pertemuan Ke 2
:
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran Discovery Leraning , peserta didik dapat
Mengamati tanaman sayuran yang ada di sekitar lingkungan rumah dengan baik
Menyebutkan manfaat masing-masing tanaman sayuran tersebut dengan tepat
Mengklasifikasikan jenis tanaman sayuran sesuai dengan bagian tanaman yang diambil manfaatnya dengan benar
B.
MODEL PEMBELAJARAN
Model : Discovery Learning
Metode : diskusi, kerja kelompok, praktik penanaman kangkung
C.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : LKPD
2. Alat/Bahan : pot, Tanah, NPK , Benih kangkung, Air
3. Sumber Belajar : Lingkungan sekolah (Tatanen Bale atikan), buku, internet
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
pembelajaran dimulai dengan guru memberi salam, memotivasi peserta didik
2.
Guru mengabsen peserta didik
3.
Peserta didik diminta berdoa sebelum dimulai pembelajaran
4.
Guru memberikan penjelasan terkait materi Perkembangbiakan pada tumbuhan terutama penanaman kangkung dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
b.
Kegiatan Inti
1.
Stimulation : guru memperlihatkan tanaman kangkung lengkap dengan bunga dan buah/biji melalui langsung/gambar/slide video infokus/LKPD, juga benih kangkung.
Siswa : mengamati tanaman kangkung lengkap pada LKPD, benih biji dsb
Identifikasi masalah
Siswa dalam kelompoknya mendiskusikan bagaimana cara menanam kangkung dalam Pot
Siswa menuliskan alat dan bahan, langkah kerja/prosedur penanaman kangkung dalam pot
Guru beserta siswa mendiskusikan kriteria pemilihan benih kangkung yang baik.
2.
Pengumpulan data
Siswa dengan dibimbing guru dan panduan LKPD mempraktekan memilih benih kangkung
3.
Pengolahan data
Siswa mengisi lembar pengamatan pada LKPD
4.
Pembuktian
Guru beserta siswa mengambil karya terbaik dari kelompok siswa yang kinerjanya baik dan benar dan membahasnya
5.
Generalition
Siswa menyimpulkan pemilihan benih kangkung yang baik dan benar
c.
Kegiatan Penutup
guru memberikan simpulan, refleksi, umpan balik, dan menyampaikan informasi kegiatan pembelajaran yang akan datang, berdoa dan salam.
E.
PENILAIAN (ASSESMENT)
1. Penilaian Pengetahuan : berupa tes dan penugasan
2. Penilaian Keterampilan : berupa penilaian KINERJA dan proyek
Mengetahui
Purwakarta, ............................
Kepala SMPN ………………….
Guru Mata Pelajaran Prakarya
.............................................
............................................
NIP. .....................................
NIP. .......................................
0 Response to "KOMPETENSI DASAR BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN"
Posting Komentar