Adsanse

MENU HALAMAN

KOMPETENSI DASAR BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN

 KOMPETENSI DASAR BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN


KELAS VII

ASPEK BUDIDAYA


Kompetensi Dasar 

Materi Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi


3.1 Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan  sesuai kebutuhan wilayah setempat



















4.1  Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah

Pengertian tanaman sayuran


Jenis-jenis  dan persyaratan  tumbuh tanaman  sayuran  



Sarana produksi budidaya tanaman sayuran


a.     Bahan

Benih atau bibit



Pupuk


Perstisida


Media Tanam ( Organik dan Non Organik


 b.     Alat 




Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian akarnya

Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian batangnya

Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Daunnya

Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Buahnya

Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Bunganya

Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Bijinya

Tanaman Sayuran yang dimanfaatkan bagian Umbi lapis


Menyebutkan pengertian sayuran beserta contohnya 

Menyebutkan jenis tanaman sayuran 

Menyebutkan syarat tumbuh tanaman sayuran 

Mengidentifikasi sarana yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman sayuran


Menjelaskan perbedaan antara benih dan bibit disertai dengan contohnya

Meyebutkan manfaat pupuk dalam pemeliharaan tanaman

Membedakan pestisida alami dan buatan

Mencocokan  media tanam dengan tanaman yang akan ditanam


Mengidentifikasi alat-alat yag digunakan dalam pembudidayaan tanaman sayuran


Mengidentifikasi komoditas tanaman sayuran yang akan ditanam di laboratorium Bale Atikan sesuai dengan manfaat yang dapat diambil.



3.2 Memahami tahapan budidaya tanaman sayuran























4.2     Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman sayuran






Tahapan budidaya tanaman sayuran 

persiapan lahan/media tanam,



pembibitan, 



pemupukan,




pengendalian hama penyakit,


pemeliharaan, 


pemanenan,





pasca panen)




 Praktik budidaya tanaman sayuran



Pemeliharaan tanaman sayuran  pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam 

Memahami pentingnya tahapan budidaya tanaman sayuran

Memperkirakan luas lahan atau media tanam lain yang diperlukan dalam menanam tanaman sayuran.

Menentukan bibit tanaman sesuai dengan syarat benih yang baik selama di semai

Membedakan pupuk kandang dan pupuk buatan 

Menentukan waktu pemupukan yang tepat

Memecahkan masalah  hama pengganggu tanaman 

Memperhatikan waktu tumbuh kembang  tanaman sayuran

Memperkirakan waktu panen untuk tanaman sayuran yang ditanam pada program tatanen dibale atikan

Memecahkan masalah  secara teoritis mengenai pasca panen tanaman sayuran


Merencanakan jenis tanaman sayuran  yang akan ditanam di tanah 

Mempersiapkan Alat dan Bahan 

Mempraktikan penanaman tanaman sayuran yaitu pada lahan terbuka

Mencatat waktu  tumbuh kembang tanaman sayuran

Melakukan Pemeliharaan harian

Melakukan Pemanenan 

Pengolahan Pasca Panen



Memahami komoditas tanaman obat  yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai kebutuhan wilayah 











4.3 Menentukan komoditas tanaman obat yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah

Pengertian tanaman obat


Jenis dan persyaratan tumbuh tanaman obat  



Sarana produksi budidaya tanaman obat


a.     Bahan

Benih atau bibit


Pupuk


Perstisida


Media Tanam ( Organik dan Non Organik)


 b.     Alat 





Tanaman obat keluarga dari akar rimpang 

Tanaman  obat keluarga dari buah

Tanaman obat keluarga dari biji

Tanaman obat keluarga dari Akar

Tanaman obat keluarga dari Batang

Tanaman obat keluarga dari Daun

Tanaman obat keluarga dari Bunga

Menyebutkan pengertian tanaman obat beserta contohnya 

Menyebutkan  tanaman obat yang ada di sekitar lingkungan rumah 

menyebutkan manfaat masing-masing tanaman obat 

Mengidentifikasi sarana   yang digunakan dalam pembudidayaan tanaman obat


Menjelaskan perbedaan antara benih dengan bibit

Menyebutkan manfaat pupuk dalam pemeliharaan tanaman obat

Membedakan pestisida alami dan buatan

Memperkirakan komposisi media tanam dengan tanaman yang akan ditanam

Mengidentifikasi  alat  yang digunakan dalam pembudidayaan tanaman obat



Memilih komoditas tanaman obat keluarga yang akan ditanam di laboratorium Bale Atikan sesuai dengan bagian yang dapat diambil manfaatnya






Memahami  tahapan budidaya tanaman obat  











4.4 Mempraktikkan tahapan budidaya tanaman obat 


Tahapan budidaya tanaman obat


persiapan lahan/media tanam,



pembibitan, 


pemupukan,




pengendalian hama penyakit,


pemeliharaan, 


pemanenan,



pasca panen)





Praktik budidaya tanaman obat

Pemeliharaan tanaman obat  pada lahan, polybag atau modifikasi media tanam




Memahami pentingnya tahapan budidaya tanaman obat

Memperkirakan luas lahan atau media tanam lain yang diperlukan dalam menanam tanaman obat.

Menentukan bibit tanaman sesuai dengan syarat bibit  yang baik 

Membedakan pupuk alami dan pupuk buatan 

Menentukan waktu pemupukan yang tepat

Memecahkan masalah hama pengganggu tanaman 

Memperhatikan waktu tumbuh kembang  tanaman obat

Memperkirakan waktu panen untuk tanaman obat yang ditanam pada program tatanen dibale atikan

Memecahkan masalah secara teoritis mengenai pasca panen tanaman obat


Merencanakan jenis tanaman obat  yang akan ditanam di tanah 

Mempersiapkan Alat dan Bahan 

Mempraktikan penanaman tanaman obat pada lahan terbuka

Mencatat waktu  tumbuh kembang tanaman

Pemeliharaan harian

Pemanenan

Pasca Panen


















SEMESTER 2

ASPEK PENGOLAHAN


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran



3.1 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan buah menjadi makanan dan  minuman segar yang ada di wilayah setempat






























4.1 Mengolah bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman  sesuai pengetahuan rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat

Jenis bahan dasar ,  bahan bantu , dan bahan kemasan makanan 











Jenis alat dan kegunaannya









Teknik dan langkah-langkah pengolahan










Teknik pengemasan dan penyajian







Membuat rancangan pembuatan  minuman dan makanan dari buah segar

Mengolah bahan pangan menjadi makanan dan minuman dari buah segar


Membedakan pengolahan makanan  dan minuman  segar berbahan dasar buah

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 

.

Mendeskripsikan pengertian dari teknik-teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 

.

Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan  dan minuman  segar berbahan dasar  buah 



Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan makanan dan minuman segar berbahan dasar  buah 

Mengolah buah menjadi makanan dan minuman, 

mengemas dan menyajikan makan dan minuman segar berbahan dasar  buah 



3.2 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat











































4.2 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar  menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat

Jenis bahan dasar , bahan bantu, 













dan bahan kemasan makanan  








Jenis alat dan kegunaannya














Teknik dan langkah-langkah pengolahan












Teknik pengemasan dan penyajian







Membuat rancangan pembuatan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar

Mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman buah segar




Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan


Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan 

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan


Menjelaskan  teknik yang digunakan dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan 

Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan 


Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan 


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan


mengemas dan menyajikan  makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  buah menjadi produk pangan 



3.3 Memahami  rancangan pengolahan , penyajian dan pengemasan bahan pangan sayuran menjadi makanan dan atau  minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat 


















4.3 Mengolah, menyaji, dan mengemas bahan pangan sayuran menjadi makanan dan minuman kesehatan yang ada di wilayah setempat 

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  













Jenis alat dan kegunaannya














Teknik dan langkah-langkah pengolahan


Teknik pengemasan dan penyajian






Membuat rancangan pembuatan minuman dan makanan dari sayuran



Mengolah bahan pangan menjadi makan dan minuman



Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan makanan  dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan  dan minuman kesehatan berbahan sayuran

Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman  kesehatan berbahan dasar sayuran

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran

Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman kesehatan  berbahan dasar sayuran


Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan  dan minuman  kesehatan berbahan dasar sayuran.

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran

Mengolah sayuran  menjadi makanan dan minuman kesehatan

mengemas dan menyajikan makanan dan minuman kesehatan berbahan dasar sayuran


Memahami rancangan pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempatwilayah setempat menjadi produk pangan 





























4.5 Pengolahan, penyajian, dan pengemasan bahan hasil samping dari pengolahan makanan dan minuman sayuran menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat 

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  



















Jenis alat dan kegunaannya






Teknik dan langkah-langkah pengolahan







Teknik pengemasan dan penyajian






















Membuat rancangan pembuatan hasil samping dari pengolahan minuman dan makanan dari sayuran

Mengolah bahan hasil samping dari pengolahan bahan pangan sayuran menjadi makan dan minuman



Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran menjadi produk pangan

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran menjadi produk pangan

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran  menjadi produk pangan


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  Sayuran  menjadi produk pangan 

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran  menjadi produk pangan


Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran  menjadi produk pangan 


Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran  menjadi produk pangan 

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran  menjadi produk pangan 


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran menjadi produk pangan


mengemas dan menyajikan  makanan dan minuman bahan hasil samping dari pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar  sayuran menjadi produk pangan 




     KELAS VIII

SEMESTER 1

ASPEK BUDIDAYA


Kompetensi Dasar 

Materi Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi


3.1 Memahami komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster,  burung, ayam hias, reptil, kucing) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat 



Menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster,  burung, ayam hias, reptil, kucing,) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Pengertian Ternak Kesayangan


Jenis  ternak kesayangan


persyaratan hidup ternak kesayangan  (kebutuhan pakan,pemeliharaan) 




Menentukan komoditas ternak kesayangan






Menjelaskan pengertian ternak kesayangan

Mengidentifikasi jenis hewan kesayangan 

Menjelaskan syarat yang layak untuk hidupnya ternak kesayangan

Mengidentifikasi prilaku hewan kesayangan berdasarkan literatur atau pengalaman pribadi



Menentukan komoditas ternak kesayangan, meliputi jenis, kebutuhan pakan, pemeliharaan,  dan  nilai ekonomis




3.2 Memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan   budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing,) 




4.2 Mempersiapkan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) 


Jenis sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan







Kebutuhan kandang dan peralatan








Persiapan kandang dan peralatan  budidaya ternak kesayangan 







Mengidentifikasi  kebutuhan  sarana dan prasarana budidaya ternak kesayangan 

Menunjukkan peralatan yang harus disediakan untuk kehidupan ternak kesayangan 


Mengidentifikasi  kebutuhan kandang untuk kenyamanan hewan kesayangan

Menyebutkan karakteristik hewan  yang sesuai dengan sarananya untuk ternak kesayangan 


Membuat   rancangan dalam bentuk gambar/tertulis kegiatan persiapan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan .

Melakukan ekperimen pembuatan sarana untuk pemeliharaan ternak kesayangan dengan skala kecil yang dapat dilakukan peserta didik di sekolah atau di rumah


3.3 Memahami tahapan 

      budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)




4.3 Mempraktikkan tahapan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)

Perkandangan ternak kesayangan


Sarana produksi ternak Kesayangan


Pakan Ternak Kesayangan



Kesehatan Ternak Kesayangan




Pemeliharaan Ternak Kesayangan



Budidaya Ternak Kesayangan



Menjelaskan tentang tahapan budidaya ternak kesayangan.

Menghitung luas kandang yang memadai untuk ternak kesayangan sesuai dengan kakrkterik hewannya

Membedakan jenis pakan untuk masing –masing ternak kesayangan

Membedakan teernak yang sehat dan yang sakit dari prilaku ternak kesayangan

Mengecek kesehatan ternak kesayangan secara berkala


Mempraktikan  budidaya  ternak kesayangan sesuai dengan tahapan nya

Melakukan pemeliharaan kesehatan ternak kesayangan



3.4 Menganalisis komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan  sesuai kebutuhan wilayah setempat 





4.4 Menerapkan komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat 


Pengertian satwa harapan






Jenis dan persyaratan hidup satwa harapan  (jangkrik, cacing, magot, ulat sutra)






Komoditas satwa harapan (jangkrik, cacing, magot, ulat sutra)







Mengidentifikasi  kebutuhan  sarana dan prasarana budidaya satwa harapan

Menunjukkan peralatan yang harus disediakan untuk kehidupan satwa harapan

Mengidentifikasi  kebutuhan kandang untuk kenyaman satwa harapan

Menyebutkan karakteristik satwa harapan 


Menentukan komoditas ternak kesayangan, meliputi jenis, kebutuhan pakan, pemeliharaan,  dan  nilai ekonomis





3.5 Memahami kebutuhan  dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)





4.5 Menentukan sarana dan peralatan ternak satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)


Kebutuhan  ternak satwa harapan



karateristik ternak satwa harapan



sarana dan peralatan produksi budidaya satwa harapan 





Teknik pembuatan sarana untuk budidaya satwa harapan


Persiapan sarana dan peralatan budidaya satwa harapan.

Mengidentifikasi  kebutuhan  sarana dan prasarana budidaya satwa harapan

Menyebutkan karakteristik hewan  yang sesuai dengan sarananya untuk satwa harapan

Menunjukkan peralatan yang harus disediakan untuk kehidupan satwa harapan 

Mengidentifikasi  kebutuhan kandang untuk kenyamanan satwa harapan


Membuat   rancangan dalam bentuk gambar/tertulis kegiatan persiapan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan .

Melakukan ekperimen pembuatan sarana untuk pemeliharaan ternak kesayangan dengan skala kecil yang dapat dilakukan peserta didik di sekolah atau di rumah


Memahami   tahapan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) 



4.6 Mempraktikkan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

Tahapan budidaya satwa harapan









Pemeliharaan satwa harapan sesuai dengan wilayah setempat

Menjelaskan tahapan-tahapan dalam budidaya satwa harapan

Melakukan budidaya  ternak kesayangan sesuai dengan tahapan budidaya  



Melakukan pemeliharaan kesehatan ternak kesayangan





SEMESTER 2

ASPEK PENGOLAHAN


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran



3.1 Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman yang ada wilayah setempat 









































4.1 Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan minuman sesuai rancangan


Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan 






Jenis alat dan kegunaannya











Teknik dan langkah-langkah pengolahan










Teknik pengemasan dan penyajian






Membuat Rancangan pengolahan bahan pangan serealia 




Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi


Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi 

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar serealia


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi.


Mendeskripsikan pengertian dari teknik-teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi.


Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan  dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi


Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi



Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi  

Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi makanan dan minuman, 

mengemas dan menyajikan makan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi  



3.2 Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat 

































4.2 Mengolah bahan pangan setengah jadi dari bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi  yang ada di wilayah setempat 

Jenis bahan dasar, bahan bantu, dan bahan kemasan  















Jenis alat dan kegunaannya












Teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi



Teknik pengemasan dan penyajian











Membuat Rancangan pengolahan bahan pangan serealia menjadi bahan setengan jadi




Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan setengah jadi




Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi


Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi


Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan  dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi



Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi bahan setengah jadi


Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi makanan dan minuman menjadi bahan setengah jadi


mengemas dan menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan setengah jadi



3.3 Menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat 


































4.3 Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi setengah jadi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  














Jenis alat dan kegunaannya












Teknik dan langkah-langkah  pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan  jadi (siap saji)







Teknik pengemasan dan penyajian





Membuat Rancangan pengolahan bahan pangan serealia menjadi produk pangan jadi




Mengolah bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan  jadi



Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi


Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan  dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi bahan  jadi


Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi makanan dan minuman menjadi bahan  jadi


mengemas dan menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi


3.4 Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat 



































4.4 Pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan atau umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat 

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  


















Jenis alat dan kegunaannya














Teknik dan langkah-langkah pengolahan bahan hasil samping  pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi menjadi produk pangan  jadi (siap saji)










Teknik pengemasan dan penyajian








Membuat Rancangan pengolahan hasil samping bahan pangan serealia menjadi produk pangan jadi



Mengolah bahan hasil samping pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan  jadi



Menjelaskan  jenis bahan dasar hasil samping pengolahan makanan  dan minuman berbahan dasar serealia ,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan hasil samping makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman berbahan dasar hasil samping pengolahan serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan  hasil samping makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi


Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam pengolahan hasil samping  makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi


Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah  makanan  dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan  jadi

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia, kacang-kacangan dan umbi



Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan hasil samping pengolahan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi bahan  jadi


Mengolah serealia,kacang-kacangan dan umbi  menjadi makanan dan minuman menjadi bahan  jadi


mengemas dan menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar serealia,kacang-kacangan dan umbi menjadi bahan jadi





KELAS IX

SEMESTER 1

ASPEK BUDIDAYA


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi


3.1 Memahami komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat





4.1 Menentukan komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat 

Pengertian ikan konsumsi

Jenis ternak ikan konsumsi   di wilayah setempat dan lainnya

Penentuan komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan 

Sarana dan peralatan budi daya ikan konsumsi


Pemeliharaan sarana  budidaya ikan konsumsi


Ikan konsumsi yang dapat diternakkan



Pengertian ikan konsumsi

Mengidentifikasi jenis ikan konsumsi yang dapat dikembangkan

Merumuskan dan menentukan  komoditas ikan konsumsi yang dapat dikembangkan 

Mendeskripsikan sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam ternak ikan konsumsi

Menjelaskan teknik pemeliharaan ikan konsumsi

Memilih jenis ikan konsumsi yang dapat dikembangkan



3.2 Memahami   sarana dan peralatan untuk budidaya ikan konsumsi 



4.2 Menyiapkan sarana dan peralatan untuk budidaya ikan konsumsi 

Pengertian wadah budidaya ikan




Jenis wadah budidaya ikan konsumsi  


Sarana produksi wadah budidaya ikan konsumsi


Pembuatan  wadah budidaya ikan konsumsi 





Mendeskripsikan wadah dalam budidaya ikan konsumsi 


Mengidentifikasi  jenis wadah budidaya ikan konsumsi

Menyebutkan kebutuhan sarana pada budidaya ikan konsumsi


Membuat   rancangan dalam bentuk gambar sarana dan peralatan budidaya ikan konsumsi .

Melakukan ekperimen pembuatan sarana untuk budidaya  ikan hias dengan skala kecil 



3.3 Memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan konsumsi 





4.3 Mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan konsumsi

Pengertian tahapan budidaya ikan konsumsi


Sarana budidaya ikan konsumsi


Pemeliharaan ikan konsumsi


Budidaya ikan konsumsi


Menjelaskan  tentang tahapan budidaya ikan konsumsi.


Menyebutkan kebutuhan sarana pembudidayaan ikan konsumsi

Menjelaskan cara pemeliharaan ikan hias

Melakukan pembudidayaan ikan konsumsi  sesuai dengan tahapan budidaya  




3.4 Memahami komoditas ikan hias yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat 




4.4 Menentukan komoditas ikan hias yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Pengertian ikan hias.

Jenis ikan hias  



Komoditas ikan hias


Sarana Pembudidayaan ikan hias



Pemeliharaan ikan hias



Jenis ikan hias yang dapat dikembangkan/diternak sesuai dengan wilayah setempat


Pengertian ikan hias

Mengidentifikasi jenis ikan hias yang dapat dikembangkan

Merumuskan dan menentukan  komoditas ikan hias yang dapat dikembangkan 

Mendeskripsikan sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam ternak ikan hias

Menjelaskan teknik pemeliharaan ikan hias

Memilih jenis ikan hias yang dapat dikembangkan



3.5 Memahami  sarana dan peralatan untuk budidaya ikan hias




 

4.5 Mengembangkan sarana dan peralatan untuk budidaya ikan hias 




Budidaya Ikan Hias meliputi:

Jenis wadah pemeliharaan ikan hias 





Sarana Pembudidayaan ikan hias



Menyiapkan Jenis Sarana produksi budidaya ikan hias



Mendeskripsikan wadah dalam budidaya ikan hias 


Mengidentifikasi  jenis wadah budidaya ikan hias

Menyebutkan kebutuhan sarana pada budidaya ikan konsumsi


Membuat   rancangan dalam bentuk gambar sarana dan peralatan budidaya ikan hias 


3.6 Memahami tahapan budidaya (pembesaran) ikan hias 


4.6 Mempraktikkan budidaya (pembesaran) ikan hias 

Pengertian tahapan budidaya ikan hias


Sarana budidaya ikan hias


Pemeliharaan ikan hias


Budidaya ikan hias


Menjelaskan  tentang tahapan budidaya ikan hias


Menyebutkan kebutuhan sarana pembudidayaan ikan hias

Menjelaskan cara pemeliharaan ikan 

Melakukan pembudidayaan ikan hias  sesuai dengan tahapan budidaya  





SEMESTER 2

ASPEK PENGOLAHAN


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran



3.1 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi makanan yang ada di wilayah setempat












 





4.1 Mengolah bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi makanan serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan 

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  













Jenis alat dan kegunaannya






Teknik dan langkah-langkah pengolahan telur dan susu









Teknik pengemasan dan penyajian





Membuat rancangan pengolahan telur dan susu menjadi makanan




Mengolah telur dan susu menjadi makanan


Membedakan pengolahan makanan   berbahan dasar telur dan susu

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan makanan  berbahan dasar  telur dan susu 

Menjelaskan kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan makanan berbahan dasar  telur dan susu 


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan makanan  berbahan dasar  telur dan susu

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan makanan  berbahan dasar  telur dan susu

.

Mendeskripsikan pengertian dari teknik-teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dan minuman segar berbahan dasar  telur dan susu 

.

Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah makanan  berbahan dasar  telur dan susu 


Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan makanan  berbahan dasar  telur dan susu


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan makanan berbahan dasar  telur dan susu

Mengolah telur dan susu  menjadi makanan , 

mengemas dan menyajikan makanan berbahan dasar  telur dan susu



3.2 Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat 













4.2 Membuat bahan pangan setengah jadi dari bahan pangan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan 

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  

Jenis alat dan kegunaannya














Teknik dan langkah-langkah pengolahan telur dan susu menjadi produk setengah jadi




Teknik pengemasan dan penyajian






Pembuatan rancangan pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk setengah jadi




Mengolah telur dan susu menjadi produk setengah jadi


Menjelaskan  jenis bahan dasar untuk diolah menjadi bahan setengah jadi dari telur dan susu

Menjelaskan jenis bahan bantu  untuk diolah menjadi bahan setengah jadi dari telur dan susu


Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi



Menjelaskan  teknik yang digunakan dalam pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi  

Menjelaskan langkah-langkah dalam pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi  


Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi  


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi


Mengolah telurvdan susu menjadi bahan setengah jadi

mengemas dan menyajikan  hasil pengolahan telur dan susu menjadi bahan setengah jadi  



3.3 Menganalisis prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) yang ada di wilayah setempat






















4.3 Membuat bahan pangan hasil peternakan (daging,telur, susu) dan perikanan (ikan, udang,cumi, rumput laut) setengah jadi menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi) serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan

Jenis bahan dasar dan bahan bantu












  


Jenis alat dan kegunaannya










Teknik dan langkah-langkah pengolahan telur dan susu menjadi bahan jadi ( siap saji)







Teknik pengemasan dan penyajian







Pembuatan rancangan pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk setengah jadi



Mengolah telur dan susu menjadi produk setengah jadi



Menjelaskan  jenis bahan dasar pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

Menjelaskan jenis bahan bantu dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu


Mengidentifikasi jenis dan alat pengolahan pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

Menjelaskan langkah-langkah dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu


pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu

mengemas dan menyajikan hasil  pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi produk pangan jadi berbahan dasar telur dan susu



3.4 Menganalisis prinsip prinsip perancangan, pembuatan, penyajian, dan pengemasan hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) menjadi produk pangan yang ada di wilayah setempat 



























4.4 Mengolah, menyajikan, dan mengemas hasil samping pengolahan hasil peternakan (daging, telur, susu) dan perikanan (ikan, udang, cumi, rumput laut) yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan serta menyajikan dan/atau melakukan pengemasan

Jenis bahan dasar , bahan bantu, dan bahan kemasan makanan  












Jenis alat dan kegunaannya










Teknik dan langkah-langkah pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan










Teknik pengemasan dan penyajian






Pembuatan rancangan pengolahan pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan



Mengolah telur dan susu menjadi produk pangan



Menjelaskan  jenis bahan dasar hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan

Menjelaskan jenis bahan bantu hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan

Mengidentifikasi kebutuhan bahan untuk pembuatan kemasan dari hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan


Mengidentifikasi jenis dan alat  dari hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan

Menjelaskan  fungsi atau kegunaan alat-alat yang digunakan untuk pengolahan hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan


Mendeskripsikan pengertian dari teknik yang digunakan dalam mengolah makanan dari hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan

Menjelaskan langkah-langkah dalam mengolah hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan

.

Mendeskripikan teknik pengemasan dan penyajian pengolahan hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan


Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan dalam pengolahan hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan


mengemas dan menyajikan dari hasil samping  dari pengolahan telur dan susu menjadi produk pangan




Teknik Penilaian  Prakarya (Tatanen di Bale Atikan)

Penilaian Pengetahuan 

Penilaian Pengetahuan dilakukan untuk mengetahui potensi intelektual yang terdiri atas kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkraesi (Anderson & krathwohl, 2001)

Teknik Penilaian Pengetahuan

Teknik

Bentuk Instrumen

Tujuan


Tes tertulis

Benar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, menjodohkan, pilihan ganda komplek, isian singkat/melengkapi, uraian

Mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik untuk perbaikan proses pembelajaran dan/atau pengambilan nilai (Assesmen of Learning dan Assesmen For Learning)


Tes Lisan

Tanya Jawab

Mengecek Pemahaman peserta didik untuk perbaikan proses pembelajaran (Assesmen for Learning)


Penugasan

Tugas yang dilakukan secara individu maupun kelompok

Memfasilitasi penguasaan pengetahuan (bila diberikan selama proses pembelajaran atau Assesmen for learning) atau mengetahui pengusaan pengetahuan (bila diberikan pada akhir pembelajaran atau assesmen of learning)


Portofolio

Sampel pekerjaan peserta didik terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis

Sebagai (sebagian) bahan guru mendeskripsikan capaian pengetahuan di akhir semester.



Guru boleh memilih teknik penilaian pengetahuan yang sesuai dengan materinya

Penilaian Keterampilan

Penilaian Keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik untuk menilai sejauh mana pencapaian KI dan KD dalam dimensi keterampilan.

Penilaian Keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Teknik Penilaian Keterampilan

Teknik

Bentuk Instrumen

Tujuan


Kinerja

Lembar Observasi dan Rubrik penilaian

Mengukur capaian pembelajaran berupa keterampilan proses dan/atau hasil (Produk)


Proyek

Lembar Observasi dan Rubrik penilaian

Mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu tugas dalam periode/waktu tertentu


Portofolio

Lembar Observasi dan Rubrik penilaian

Sampel karya peserta didik yang terbaik dari KD keterampilan untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan (dalam satu semester) 



Guru boleh memilih teknik penilaian keterampilan yang sesuai dengan materi ajar

Contoh Kisi-Kisi Penilaian Kinerja 

Nama Sekolah : SMP ……………………….

Kelas/semester : ……………………………….

Tahun Pelajaran :  2020/2021

Mata Pelajaran :  Prakarya


No

Kompetensi Dasar Keterampilan

Materi

Indikator

Teknik Penilaian


1

 4.2 Mempraktikkan   tahapan budidaya tanaman sayuran 

Praktik budidaya tanaman sayuran dengan media polybag


Peserta didik dapat

Merencanakan jenis tanaman sayuran  yang akan ditanam di tanah 

Mempersiapkan Alat dan Bahan 

Mempraktikan penanaman tanaman sayuran pada lahan terbuka

Mencatat waktu  tumbuh kembang tanaman sayuran

Pemeliharaan harian

Pemanenan

Pasca Panen


kinerja



Contoh tugas penilaian kinerja 

Tanamlah kangkung dalam pot dengan menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan

Ikuti langkah-langkah percobaan sesuai prosedur!

Alat dan Bahan

Polybag  volume 5  liter tanah, diameter atas 15  cm, tinggi 25 cm

Tanah 5  liter

NPK compound dan urea secukupnya

Benih kangkung  yang sudah disemai   dan ditiriskan 

Air



Contoh Lembar Observasi Penilaian Kinerja

No

Aspek yang dinilai

Skor




0

1

2

3

4


1

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan







2

Melakukan kegiatan praktikum







3

Produk







4

Membuat laporan







Jumlah skor



Skor maksimum



Nilai



Guru boleh sama atau menambah poin Aspek yang dinilai yang sesuai dengan materi

Contoh Rubrik Penilaian Kinerja 

No

Indikator

Rublik


1

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan

2 = Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan

1 = Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan

0 =  Tidak menyiapkan alat bahan


2

Melakukan kegiatan praktikum

4 = melakukan 9 langkah kerja dengan tepat

3 = melakukan 6-8 langkah kerja dengan tepat

2 = melakukan 3-5 langkah kerja dengan tepat

1 = melakukan 1-2 langkah kerja dengan tepat

0 = tidak melakukan langkah kerja

Langkah Kerja

Memasukan tanah ke dalam pot dengan mengisi volume tanah setengah dari pot.

menaburkan pupuk dasar (NPK compound dan urea) secukupnya.

Menutup kembali dengan tanah sampai sekitar 4 cm dari permukaan atas pot.

Menuangkan air ke tanah bagian atas dari pot (hingga kondisi lembab)

Menanam kurang lebih 5 – 10 butir benih kangkung dipermukaan pot yang lembab dan sudah diberi air.

Melakukan penyiraman selama benih berkembang menjadi bibit sampai dapat dipanen untuk memastikan kondisi tanah cukup lembab dan tidak boleh kering


Melakukan pemupukan  

Melakukan penyiangan setiap kali ada rumput yang tumbuh

Melakukan penyemprotan pestisida jika gejala serangan hama/penyakit sesuai dengan hama/penyakit yang muncul, 



3

Produk

4 : tanaman kangkung lebat daun 

3 : tanaman kangkung  berdaun sedang, 

2 : tanaman kangkung kurus dan berdaun sedikit

1: tanaman kangkung tidak subur

0 = tanaman kangkung tidak tumbuh 


4

Membuat laporan

3 = Memenuhi 3 kriteria

2 = Memenuhi 2 kriteria

1 = memenuhi 1 kriteria

0 = tidak memenuhi kriteria

Kriteria laporan :

Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)

Data, pembahasan, dan kesimpulan benar

Komunikatif (secara lisan dan tulisan)



Nilai = Total Skor Perolehan x 100

             Total skor maksimum


Contoh Kisi-Kisi Penilaian Proyek 

Nama Sekolah : SMP …………………………..

Kelas/semester : ………………………………….

Tahun Pelajaran :  2020/2021

Mata Pelajaran :  Prakarya


No

Kompetensi Dasar Keterampilan

Materi

Indikator

Teknik Penilaian


1

4.8 Membuat artikel tentang masalah pencemaran pasca panen  di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan


Pasca Panen

Peserta didik dapat merencanakan, melaksanakan dan membuat pupuk organik dari limbah pasca panen.

Proyek



Contoh tugas penilaian Proyek 

Buatlah pupuk organik kering sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah pencemaran sampah organik pasca panen, dengan menggunakan alat dan bahan yang ada disekitarmu.

Carilah beberapa sumber tentang cara membuat  pupuk organik kering.(kalian boleh memilih 1)


Mintalah bantuan pada guru atau orang tua mu jika kamu mengalami kesulitan.

Tulislah judul proyek, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah pembuatannya dan hasilnya sebagai laporan tertulis

Praktikan sesuai dengan langkah kerja

Video atau photo langkah langkah kerjanya dari mulai perencanaan sampai jadi produknya sebagai lampiran laporan

Laporkan hasilnya secara lisan dengan cara dipresentasikan didepan kelas


Contoh Alat dan Bahan

1. Pupuk organik dari limbah pasca panen

      - Air 10 liter

      - Air beras 2 liter

      - Air kelapa 1 liter

      - Gula merah 1/2 kilo

      - Kotoran kambing 1 karung kecil basah

       - Drum besar

Cara membuat kompos dari dedaunan dengan starter em4

Sampah daun dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. ...

Masukkan sampah daun ke dalam tempat pembuatan kompos. ...

Setiap lapis disiram dengan em4 atau mol yang sudah kita buat tadi.

Tutup, tapi tidak usah terlalu rapat. ...

Setiap 3 hari sekali dilakukan pembalikan daun


Contoh Lembar Observasi Penilaian Proyek

No

Aspek yang dinilai

Skor




0

1

2

3

4


1

Kemampuan merencanakan







2

Kemampuan mencari sumber yang tepat dan akurat







3

kemampuan mendokumentasikan langkah kerja dan hasil sesuai rencana(Video/photo) l







4

Produk (Pupuk)







5

Membuat laporan







Jumlah skor



Skor maksimum



Nilai



Guru boleh sama atau menambah poin Aspek yang dinilai yang sesuai untuk program Tatanen di bumi atikan masing-masin

Contoh Rublik Penilaian Proyek 

No

Indikator

Rublik


1

Kemampuan perencanaan

2 = Perencanaan lengkap (judul, tujuan, alat bahan, cara kerja, hasil)

1 = Perencanaan kurang lengkap

0 = Tidak ada perencanaan



2

Kemampuan mencari sumber

2 = mencari sumber yang tepat dan akurat

1 = mencari sumber secara tepat tetapi belum akurat

0 = tidak dapat mencari sumber


3

kemampuan mendokumentasikan langkah kerja/praktik dan hasil sesuai rencana(Video/photo) 

4 = mendokumentasikan praktik baik berupa photo/video dengan sangat baik.

3 = mendokumentasikan praktik baik berupa photo/video dengan  baik.

2 = mendokumentasikan praktik baik berupa photo/video dengan cukup baik.


4

Produk

2. = pupuk sesuai dengan kriteria pupuk yang baik

1 = pupuk  kurang sesuai dengan kriteria pupuk yang baik

0 = pupuk tidak dengan kriteria pupuk yang baik


5

Membuat laporan

3 = Memenuhi 3 kriteria

2 = Memenuhi 2 kriteria

1 = memenuhi 1 kriteria

0 = tidak memenuhi kriteria

Kriteria laporan :

Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)

Data, pembahasan, dan kesimpulan benar

Komunikatif (secara lisan dan tulisan)




Nilai = Total Skor Perolehan x 100

             Total skor maksimum


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah

:

SMPN…………………………


Mata Pelajaran

:

PRAKARYA


Kelas / Semester

:

VII/1


Materi Pokok

:

Jenis-jenis  dan persyaratan  tumbuh tanaman  sayuran


Tahun Pelajaran

:

2020 / 2021


Alokasi Waktu

:

3 x JP @40 Menit


Kompetensi Dasar

:

Memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan  sesuai kebutuhan wilayah setempat

4.1   Menentukan komoditas tanaman sayuran yang akan dibudidayakan  sesuai kebutuhan wilayah



Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

:

3.1.2 Mengamati tanaman sayuran yang ada di sekitar lingkungan rumah dan menyebutkan manfaat masing-masing tanaman sayuran tersebut

3.1.3 Mengklasifikasikan jenis tanaman sayuran sesuai dengan bagian tanaman yang diambil manfaatnya


Pertemuan Ke  2

:

 


A.

TUJUAN PEMBELAJARAN


 

Melalui kegiatan pembelajaran Discovery Leraning ,  peserta didik dapat

Mengamati tanaman sayuran yang ada di sekitar lingkungan rumah dengan baik

Menyebutkan manfaat masing-masing tanaman sayuran tersebut dengan tepat

Mengklasifikasikan jenis tanaman sayuran sesuai dengan bagian tanaman yang diambil manfaatnya dengan benar 


B.

MODEL PEMBELAJARAN


 

Model : Discovery Learning

Metode : diskusi, kerja kelompok, praktik penanaman kangkung


C.

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR


 

1. Media : LKPD 

2. Alat/Bahan : pot, Tanah, NPK , Benih kangkung, Air 

3. Sumber Belajar : Lingkungan sekolah (Tatanen Bale atikan), buku, internet


D.

KEGIATAN PEMBELAJARAN


 

a. 

Kegiatan Pendahuluan


 

 

1.

pembelajaran dimulai dengan guru memberi salam, memotivasi peserta didik 


 

 

2.

Guru mengabsen peserta didik


 

 

3.

Peserta didik diminta berdoa sebelum dimulai pembelajaran


 

 

4.

Guru memberikan penjelasan terkait materi Perkembangbiakan pada tumbuhan terutama penanaman kangkung dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.


 


b.


Kegiatan Inti


 

 

1.

Stimulation : guru memperlihatkan tanaman kangkung lengkap dengan bunga dan buah/biji melalui langsung/gambar/slide video infokus/LKPD, juga benih kangkung.

Siswa : mengamati tanaman kangkung lengkap pada LKPD, benih biji dsb






Identifikasi masalah

Siswa dalam kelompoknya mendiskusikan bagaimana cara menanam kangkung dalam Pot

Siswa menuliskan alat dan bahan, langkah kerja/prosedur penanaman kangkung dalam pot

Guru beserta siswa mendiskusikan kriteria pemilihan benih kangkung  yang baik.


 

 

2.

Pengumpulan data

Siswa dengan dibimbing guru dan panduan LKPD mempraktekan memilih benih  kangkung




3.

Pengolahan data

Siswa mengisi lembar pengamatan pada LKPD


 

 

4.

Pembuktian

Guru beserta siswa mengambil karya terbaik dari kelompok siswa yang kinerjanya baik dan benar dan membahasnya


 

 

5.

Generalition 

Siswa menyimpulkan pemilihan benih kangkung  yang baik dan benar


 

c.

Kegiatan Penutup


 

 

 guru memberikan simpulan, refleksi, umpan balik, dan menyampaikan informasi kegiatan pembelajaran yang akan datang, berdoa dan salam.


E.

PENILAIAN (ASSESMENT)


 

1. Penilaian Pengetahuan : berupa tes dan penugasan

2. Penilaian Keterampilan : berupa penilaian KINERJA dan proyek



Mengetahui



Purwakarta, ............................



Kepala SMPN ………………….



Guru Mata Pelajaran Prakarya



























.............................................



............................................



NIP. .....................................



NIP. .......................................





Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "KOMPETENSI DASAR BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN"

Posting Komentar