CONTOH JURNAL SMK PEMASARAN
COVER LAPORAN
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA
DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA
DI
DI
PT. AKUR PRATAMA TOSERBA YOGYA
PURWAKARTA
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Disusun
Oleh :
Nama : CRISTIN
RIYANI DEBORA
No. Induk : 111011360
Kelas : XI
PEMASARAN 2
Kompetensi Keahlian : PEMASARAN
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMK NEGERI 2 PURWAKARTA
JL. JEND. A. YANI 98 TLP. 200724 PURWAKARTA 41114
SMK NEGERI 2 PURWAKARTA
JL. JEND. A. YANI 98 TLP. 200724 PURWAKARTA 41114
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
puji dan Syukur marilah kita panjatkan kepada Allah swt., karena-Nya Laporan
Kegiatan Praktik Kerja Dalam Pendidikan Sistem Ganda Di PT. Akur Pratama
Toserba Yogya Purwakarta telah selesai saya laksanakan.
Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah
membantu dalam pengelolaan dan pelaksanaan Praktik Kerja terutama kepada :
Pihak
Dunia Kerja :
1. Bapak
Jefri selaku Store Manager
2. Bapak
Hendra Gunawan selaku Staff Personalia
3. Bapak
Marsito Aji selaku Chiff Operasional Fashion
4. IbuNia
Kurnia selaku Pembimbing Dunia Kerja dan Spv. CSO
5. Seluruh
Karyawan dan Karyawati Toserba Yogya Purwakarta
Pihak Sekolah :
1. Ibu
Dra. Hj. Rd. Dedeh Kuraesin, MM.Pd selaku Kepala sekolah SMKN 2 PURWAKARTA
2. Bapak
Drs. Amin Romli selaku Wakil Kepala Sekolah SMKN 2 PURWAKARTA bidang Humas
3. Ibu
Dra. Hj. Eva Latifah selaku Kepala Program Keahlian Pemasaran
4. Ibu
Sri Winarti, Spd selaku Pembimbing Sekolah
Saya
menyadari bahwasannya Laporan Kegiatan Praktik Kerja ini masih jauh dari apa
yang diharapkan. Oleh karena itu saya harapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun untuk
perbaikan penyusunan laporan di masa yang akan datang.
|
Purwakarta, 13 - Agustus - 2013
|
|
Penyusun
|
DAFTAR
ISI
Lembar
Pengesahan………………………………………………………………………i
Identitas
Peserta Praktik Kerja……………………………………………………...........ii
Identitas
Dunia Kerja / Industri………………………………………………………….iii
Kata
Pengantar……………………………………………………………………..........iv
Daftar
Isi…………………………………………………………………………………v
BAB
I PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang…………………………………………………………..……….1
I.2 Tujuan Penyusunan Laporan……………………………………………………..1
I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik
Kerja…………………………………..1
I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan………………………………………………………..2
I.5 Sistematika Penyusunan Laporan………………………………………………..2
BAB
II TINJAUAN UMUM
II.1 Sejarah Singkat………………………………………………………………….3
II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian
…………………………………………....4
II.3 Peraturan dan Disiplin Kerja…………………………………………………....7
II.4 Perekrutan TenagaKerja………………………………………………………...9
II.5 PARADIGMA ( Visi, Misi,
BisnisObjektif, Corporate Value, TemaKerja)…..12
II.6 Pola Kerja Costumer Service
Operator ……………………………………......13
BAB
III JURNAL KEGIATAN………………………………………………………...16
BAB
IV PENUTUP……………………………………………………………………..42
Lampiran - Lampiran………………………………………………………….........43
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang
Praktek kerja adalah
suatu kegiatan yang melakukan kewajiban untuk setiap siswa/siswi Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan di perusahaan negeri ataupun swasta
yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing, praktek kerja dilakukan
dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Suatu
pendidikan di perusahaan sangat berbeda dengan pendidikan yang telah dipelajari
di sekolah, disinilah siswa/siswi dilatih untuk terbiasa lebih terampil dalam
melaksanakan segala tugasnya sebagai siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK), adapun yang dimaksud dengan Pendidikan Sistem Ganda adalah suatu bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadu secara sistematik
dan sikron program pendidikan di sekolah dan program pengadaan keahlian yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk
mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu. Dari semua itu maka
laporan ini disusun dengan sebaik baiknya.
I.2
Tujuan Penyusunan Laporan
1. Sebagai
bukti bahwa penulis telah mengikuti Pendidikan Sistem Ganda.
2. Sebagai
hasil tertulis dari hasil kegiatan praktek yang telah dilakukan di perusahaan
tersebut.
3. Sebagai
bentuk pertanggung jawaban bahwa penulis telah menyelesaikan Pendidikan Sistem
Ganda.
4. Sebagai
bahan acuan untuk memotivasi siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan supaya lebih
berpotensi.
I.3
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja
Pendidikan Sistem Ganda
di lakukan di PT. AKUR PRATAMA TOSERBA YOGYA PURWAKARTA Jl. Jenderal Sudirman
No.05 Nagri Tengah Purwakarta Jawa Barat, dan dimulai pada tanggal 13 Mei 2013
sampai dengan tanggal 13 Agustus 2013. Adapun pembagian jadwal pembagian jam
kerja sebagai berikut:
Senin-Jumat: Sabtu & Minggu
Pagi : 07.00 - 14.30 Pagi : 07.00 – 15.00
Sela : 11.00 - 18.30 Sela : 11.00 –19.00
Siang
: 13.30 - 21.00 Siang
: 13.00 –21.00
I.4
Ruang Lingkup Pekerjaan
Ruang lingkup masalah
dan pembahasan yang di berikan antara lain :
» Melaksanakan
pelayanan prima ( service excellent )
» Mengoperasikan
Alat komunikasi
» Menghadapi
keluhan pelanggan
» Menata
Produk
» Mempromosikan
suatu barang
» Memasukkan
data pelanggan ke buku besar
» Menginput
data pelanggan
» Melayani
proses perpanjangan dan pembuatan member baru
I.5 Sistematika Penyusunan Laporan
Laporan Kegiatan
Praktek ini saya susun menjadi VI BAB, Bab I Pendahuluan terdiri dari : I.1
Latar belakang, I.2 Tujuan Penyusunan Laporan, I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktik Kerja, I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan, dan I.5 Sistematika Penyusunan
Laporan. Dan untuk Bab II Tinjauan Umum menguraikan tentang : II.1 Sejarah
Singkat, II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas, II.3 Peraturan dan
Disiplin Kerja, II.4 Perekrutan Tenaga Kerja, II. 5 PARADIGMA ( Visi, Misi,
Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja), II.6 Pola kerja Custumer Service
Operator. Adapun untuk Bab III menjelaskan tentang Jurnal Kegiatan dan terakhir
Bab VI mengemukakan tentang Kesimpulan juga Saran. Adapun untuk halaman-halaman
selanjutnya yaitu untuk lampiran-lampiran kegiatan praktik kerja PSG seperti Daftar Hadir Praktik Kerja,
Rekapitulasi Kehadiran Praktik Kerja dan lain lain .
BAB
II
TINJAUAN
UMUM
II.1 Sejarah Singkat
Paradigma
yogya diartikan sebagai kerangka berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang
di kembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di
lingkungan perusahaan, serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
Cikal
bakal toserba yogya di awali oleh sebuah toko batik di jalan achmad yani
(kosambi) bandung, dengan luas toko sekitar 100m2 dan karyawan berjumlah 8
orang. Took batik yang di beri namaDJOCKJA ini di dirikan dan di kelola secara
sederhana oleh Bapak Gondosasmito bersama keluarga.
Pada
tahun 1972, pengelolaan toko diserahkan kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki dan
Ibu Tina Handayani, dengan keuletan dan kerja keras dilakukan pembenahan,
keinginan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi, sehingga yang tadinya hanya toko
batik, berubah menjadi toko kelontong. Nama DJOCKJA tetap di pertahankan, akan
tetapi penulisannya diganti menjadi YOGYA.
Seiring
dengan perkembangannya tanggal 28 oktober 1982 bertepatan dengan hari sumpah
pemuda, dibuka cabang yang pertama di jalan sunda no. 60 dengan luas took 200m2
dengan 40 karyawan. Selanjutnya tanggal 28 oktober ditetapkan sebagai hari
lahir Toserba Yogya.Selanjutnya pada tanggal 16 februari 2000, APRINDO melalui
Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, menganugrahkan
APRINDO AWARD kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki sebagai salah satu perintis
Ritel di Indonesia.
Kantor
pusat Yogya awalnya berada di jalan Sunda no.83, seiring dengan perkembangan
aktifitas perusahaan dan jumlah kayryawan yang semakin bertambah, kantor pusat
pindah menempati gedung baru yang lebih luas di jalan Soekarno – Hatta No.
236-238 Bandung, berdampingan dengan Distributor Centre (DC) yang telah ada
sebelumnya.
Sementara
gedung lama (Jalan Sunda No. 83) menjari Yogya Learning Centre, yakni sebagai
pusat kegiatan Direktorat HRD.Sampai
dengan Juni 2013, Yogya Group telah memiliki 76 Gerai Toserba Yogya dan Griya
dan dikelompokan menjadi 7 Regional sebagai berikut:
WIL
|
Regional Mananger
|
SM PEMBINA
|
CABANG
|
JML
|
TOTAL
|
|
1
|
EDDIE BUDIANTO
|
EDDIE BUDIANTO
|
MJL, GBJ, GPH, YGT
|
4
|
22
|
|
|
|
YENNI SUCIATI
|
GBB, GHS, GMH, GMR,
GBT, XYC
|
6
|
||
|
|
YOGI PREMADI
|
SMD, GTS, GJN, GCL
|
4
|
||
|
|
HERRY SOFRIADI
|
GCN, GUB, ATP, GAR
|
4
|
||
|
|
GIDEON
|
SAD, DNT, KSB, YLS
|
4
|
||
2
|
TUNGGUL W. AJI
|
TUNGGUL W. AJI
|
GSB, YSJ, GLB, XDG,
YCB
|
5
|
17
|
|
|
|
HERYANTO
|
YPC,GSS, GTK, YPJ, YSS
|
5
|
||
|
|
VICTOR DJOJOHARTONO
|
PSR, STR, YCW, XCW
|
4
|
||
|
|
ENENG SUMIASIH
|
KPT, KPM, GKP
|
3
|
||
3
|
LILIK MAWARWATI
|
|
YRI, YMD, YJB
|
3
|
3
|
|
4
|
H. UUS KUSNIADI
|
H. UUS KUSNIADI
|
GRT
|
1
|
7
|
|
|
|
BUDI NURHIKMAT
|
TSK, MBT, GCW
|
3
|
||
|
|
ULAM F. SINAGA
|
CMS, BJR, YMJ
|
3
|
||
5
|
YULIANA TINAWATI
|
YULIANA TINAWATI
|
GRN, SLW, GKN, YKN
|
4
|
13
|
|
|
|
DJOKO RAHARDJO
|
YJB, IDM, GJB, MJK
|
4
|
||
|
|
AKHMAD DIANI
|
YSG, PMK, YPT, PWK, YCK
|
5
|
||
6
|
YULIANA TINAWATI
|
WAWAN PRISTANTO
|
YTG, YLO, YKG, YSL,
YPL, YBR
|
6
|
6
|
|
7
|
ENDANG YUDHI
|
ENDANG YUDHI
|
YBJ, GCR
|
2
|
8
|
|
|
|
DEDE Y. GUMELAR
|
BGR, SKB, YCJ
|
3
|
||
|
|
N.A. PRIHANTARA
|
BGI, M2M,PDB
|
3
|
II.2 Struktur
Organisasi dan Pembagian Tugas
Jumlah
karyawan di Toserba Yogya Purwakarta adalah sebanyak 213 Orang yang terdiri
dari 25 Staff dan 187 Non Staff dengan rincian sebagai berikut:
Store
Manager : Jefri
Regional Staf : Tanti Riana (Regional Keuangan)
Staf (Back Office)
1. Personalia :
Hendra Gunawan
2. Keuangan I : Steffi Christianti
3. Keuangan II :Debora
4. Keuangan III :Julianti
5. Buyer Food :Ria
Nur Afriyani
5. Buyer Non Food : Tinti
Marilia
6. Receiving& Gudang : Yadi
Supriyadi
7. EDP :
Erik Wijaya
Staff Operational
1. CO Supermarket :
Pratama Alam Ulama
2. CO Fashion :
Marsito Adjie
3.SPV Food :
Usep Ridin, Deri Ferdiansyah, dan Gianti Triana
4. SPV Non Food : Ferdy
Kustiawan
5. SPV Fresh : Wahidin Aria Nugraha dan Topan
Herawan
6. SPV GMS : Ririn Suhaerinawati
7. SPV Bakery :
Dicky Supriatna
8. SPV Foodcourt :
Achmad Gumelar
9. SPV Ladies :
Astri Wahyuningsih
10. SPV Mens Wear : Rahmat
Hidayat
11.SPV Shoes & Bags :
Widaningsih
12.SPV Baby & Kids : Clara
Desy
13. Staf Umum :
Teddy Tisna Firmansyah
13. Staf CSO :
Nia Kurnia
Adapun yang membantu
kegiatan operasional Yogya Purwakartaadalah :
1. Adm :
15 orang
2. DT (Teknisi & Baker) : 6 orang
3. CR (Customer Relation) : 3 orang
4. KS (Kasir) :
44 orang
5. Service Crew (SC) : 108 orang
Adapun
rincian pembagiannya, yaitu :
1. Keamanan (KN) : 11 Orang
2. ADM
a. Adm. Personalia : 1 Orang d. Adm. Brankas:1 Orang
b. Adm. Receiving : 2 Orang e. Adm Keuangan : 8 Orang
c. Adm. Bakery : 1
Orang f. Adm. Fresh : 1 Orang
3. DT 4.
CR (Costumer Relation)
a. Teknisi :
2 Orang a. CR : 3 Orang
b. Butcher : 1
Orang b. Tipbar : 2
Orang
c. Bakery :
4 Oran
5. KS (Kasir)
a.Koord. Kasir :
1 Orang
b. Kasir : 44 Orang
6. SC (Service Crew)
a. SC Food : 18 Orang g. SC Gudang: 11 Orang
b. SC Fresh : 15
Orang h. SC Ladies : 11 Orang
c. SC Non Food : 10
Orang i. SC Mens Wear : 5 Orang
d. SC GMS : 10 Orang j. SC Shoes &Bags : 4 Orang
e.SC Bakery : 8 Orang k. SC Baby &Kids : 7 Orang
f. SC Foodcourt : 2 Orang
Operasional Toserba Yogya Purwakarta dibantu
pula oleh beberapa karyawan Outsourching yang bergerak di bidang kebersihan,
yang dilakukan oleh :
Kebersihan (MJM) : 34 Orang
Dibawah ini merupakan
struktur organisasi Toko Cabang YOGYA Purwakarta:
STORE MANAGER
|
CO SUPERMARKET
|
CO FASHION
|
BUYER
|
SPV
|
ADM
|
SC
|
SPV
|
SC
|
ACCOUNTING SPV KASSIR
|
PERSONALIA &
UMUM |
EDP
|
RECEIVING
|
ADM
|
KASSIR
|
ADM
DT
TEKNISI
KN
|
OUTSORCHING
CS
TUKANG
|
ADM
CHECKER (SC)
PG (SC)
|
VISUAL
|
DT
|
CSO
|
CR
Tipbar
|
II.3 Peraturan dan
Disiplin Kerja
j Jadwal
Shift & jam kerja ditentukan oleh personalia dengan mengindahkan peraturan
yang berlaku :
Senin-Jumat: Sabtu
& Minggu:
Pagi : 07.00 - 14.30 Pagi : 07.00 – 15.00
Sela : 11.00 - 18.30 Sela :
11.00 – 19.00
Siang
: 13.30 - 21.00 Siang :
13.00 – 21.00
·
Istirahat 1 jam (diatur oleh cabang
masing-masing)
·
Jadwal melaksanakan sholat Ashar dan
Maghrib diatur secara bergiliran
·
Jadwal off ditentukan oleh cabang
masing-masing (jadwal off hari Senin sd Jumat)
·
Hari Libur nasional siswa prakerin
diliburkan tanpa mengurangi hak off setiap minggunya (kecuali jika jadwal off
jatuh di hari libur nasional)
·
Setiap kegiatan/acara sekolah yang
mengharuskan siswa meninggalkan pekerjaan, pihak sekolah wajib menyampaikan
surat resmi kepada perusahaan.
j Mengisi
kartu hadir pada mesin pencatat waktu, saat tiba ditempat kerja, saat keluar
istirahat, saat masuk setelah istirahat serta saat pulang bekerja.
j Pengisian
kartu hadir hanya boleh dilakukan oleh siswa PRAKERIN yang bersangkutan.
j Sakit
dengan surat dokter diwajibkan mengganti hari kerja dengan ketentuan 1 surat
dokter 1 hari kerja (dengan melampirkan: surat keterangan sakit dari dokter,
kuitansi dokter , kuitansi obat/apotik, copy resep/obat).
j Ijin
atau sakit tanpa surat dokter, diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang
digunakan untuk ijin atau sakit tanpa surat dokter.
j Mangkir
(tidak masuk tanpa berita), diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang
digunakan untuk mangkir dan dikenakan sanksi terhadap nilai (akademis).
j Ijin
tidak masuk kerja harus dibicarakan terlebih dahulu dengan atasan langsung,
minimal 1 hari sebelumnya.
j 3
kali datang terlambat dan atau pulang sebelum waktunya dalam satu periode
absensi diwajibkan mengganti 1 hari kerja dan dikenakan sanksi terhadap nilai
(akademis).
j 3
kali mangkir (tidak masuk tanpa berita) dalam satu periode absen peserta
dianggap mengundurkan diri.
j Penggantian
hari kerja dilakukan pada akhir program Prakerin. Tidak diijinkan diganti
dengan hari off-nya.
j Menggunakan
seragam, untuk wanita kemeja lengan panjang/pendek warna hitam (model standar
kemeja sekolah) dan celana panjang warna hitam model standar (bukan jeans, bukan
kaos, bukan model pinsil), untuk pria kemeja lengan pendek warna hitam dengan
celana panjang warna hitam.
j Sepatu
formal warna hitam tertutup. Untuk pria menggunakan ikat pinggang hitam dan
kaos kaki.
j Wajib
menggunakan tanda pengenal (ID Card) dari personalia selama jam kerja. ID card
harus bersih, menggunakan foto diletakkan di kiri atas (dada kiri).
j Apabila
melakukan tindakan yang merugikan perusahaan, maka pihak YOGYA berhak
menggambil tindakan tegas.
j Tidak
diijinkan untuk menggunakan sarana dan prasarana (telpon, tester, computer,
foto copy) yang berada dilingkungan kerja untuk kepentingan pribadi.
j Tidak
diijinkan menggunakan handphone/alat komunikasi di area penjualan.
j Personalia
dan staf terkait berhak menegur dan memberi sanksi pada siswa PRAKERIN yang
melanggar peraturan, serta laporkan pada pihak sekolah dan Learning Centre
Dept.
j
Pihak Toserba YOGYA berhak
memberhentikan kegiatan PRAKERIN jika peserta yang bersangkutan melanggar
ketentuan yang disebut diatas.
II.4 Perekrutan Tenaga
Kerja
SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
Catatan:
Kriteria Tes Fisik: -
Tinggi Karyawan -
Penyakit Kulit
- Tato -
Mata/Kacamata
- Tindik
-
Cacat Fisik
Jenis pekerjaan yang
mengikuti tes lanjutan: - Administrasi
-Pelaksana Visual
- Driver
- Teknisi
Jenis
pekerjaan yang mengikuti tes lanjutan dan nego: -
Cook
-
Baker
-
Butcher
Selain jenis pekerjaan diatas : Negosiasi
gaji sudah termasuk didalam wawancara
PROSEDUR
SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
PELAKSANA
|
PROSES
|
DOKUMEN
|
|
Mulai
|
|
Administrasi
|
Perapihan
dan pendataan lamaran
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Rekrut
|
Seleksi
Administrasi
|
Lamaran
calon karyawan
|
Administrasi
|
Input
data hasil seleksi Administrasi dan pemanggilan
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Rekrut
|
Tes
Fisik
|
Lamaran
calon karyawan
|
|
Lulus
|
Kompetensi
jabatan
|
Tim
Pewawancara
|
Wawancara
|
Form
lamaran karyawan
|
(Rekrut/Personalia)
|
Lulus
|
Form
kompetensi dan PETA
|
Tim
Psikotes
|
Pelaksanaan
Psikotes
|
|
|
Lulus
|
|
User
|
Perlu
wawancara/ Tes lanjutan (user)
Lulus
Perlu
Negosiasi
|
Memo hasil wawancara user (keputusan &
tanda tangan)/ form wawancara Hard Competency (lanjutan)
|
Tim
Rekrut
|
Negosiasi
|
CV
calon karyawan
|
|
Setuju?
Perlu
Tes Kesehatan
|
Rekap
Wawancara
Form
Disposisi
|
Lembaga/Tenaga
Medis yang ditunjuk perusahaan & Tim Rekrut
|
Tes
Kesehatan
Lulus
Penempatan
Selesai
|
Rujukan
Pemeriksaan kesehatan karyawan
Form
hasil wawancara dan psikotes
|
|
|
|
Administrasi
|
Pemberitahuan
ke Pelamar
|
Rekap
wawancara
Form
surat pemberitahuan
|
|
Selesai
|
|
PROSEDUR
SELEKSI KARYAWAN BARU STAFF
PELAKSANA
|
PROSES
|
DOKUMEN
|
|
Mulai
|
|
Administrasi
|
Perapihan
dan Pendataan lamaran
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Rekrut
|
Selesai
Administrasi, Input, dan Pemanggilan
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Psikotes
|
Pelaksanaan
Psikotes
|
Form
Psikotes
|
|
Sudah
wawancara
|
|
Tim
Pewawancara
|
Wawancara
|
Kompetensi
jabatan
|
(recrut
HRD)
|
Sudah
Psikotes
|
Form
lamaran kerja
|
|
|
Form
Kompetensi & PETA
|
Tim
Psikotes & Tim Pewawancara
|
Konsolidasi
Hasil Wawancara & Psikotes
|
|
|
Lulus
|
|
User
|
Perlu
wawancara user
Wawancara
user
|
Memo
hasil wawancara user (keputusan dan tanda tangan /form wawancara HRD
Competency
|
Presiden
Direktur
|
Resview
Presdir
Lulus
|
CV
calon karyawan, Rekap hasil wawancara, Hasil psikotes
|
HRD
Manager/HRD Director
|
Negosiasi
Gaji
Setuju
|
CV
calon karyawan , Rekap wawancara, Form
Disposisi
|
Lembaga/tenaga
medis yang ditunjuk perusahaan
|
Tes
kesehatan
Lulus
|
Rujukan
pemeriksaan kesehatan karyawan, catatan kesehatan karyawan dari tim medis
|
HRD
Manager/HRD Director
|
Penempatan
|
Form
hasil wawancara & psikotes
|
|
Selesai
|
|
|
|
|
Administrasi
|
Pemberitahuan
ke Pelamar
|
Rekap
wawancara , Form Surat pemberitahuan
|
|
Selesai
|
|
II.5 PARADIGMA ( Visi,
Misi, Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja)
Paradigma yogya diartikan sebagai kerangka
berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang di kembangkan dari sejarah
perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di lingkungan perusahaan, serta
dalam berinteraksi dengan stake holder
umumnya.
A. Visi dan Misi
YOGYA memiliki visi yaitu, “Tetap Menjadi Pilihan Utama”. Dalam hal
ini yang dimaksud dangan “Tetap Menjadi Pilihan Utama” adalah bahwa sekalipun
banyak berdiri perusahaan retail yang sejenis namun Toserba YOGYA tetap dapat
menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk berbelanja dalam memenuhi
kebutuhannya. Selain ditujukan kepada konsumen,visi ini juga ditujukan kepada
para supplier sebagai tempat memasarkan produk mereka
Misi YOGYA adalah
“Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat”.Dalam hal ini YOGYA senantiasa berusaha
untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para konsumennya secara lengkap dengan
pelayanan yang memuaskan.
B.
Bisnis
Objective
Bisnis objective 2013 adalah sebagai berikut:
1. Sales
growth follow by profit
2. Compliance
berarti harus patuh pada perintah atasan, system dan prosedur,peraturan
perundang-undangan, peraturan perusahaan dan lainnya.
3. Better,
faster, and controllable
Dalam
bekerja harus lebih baik, lebih cepat, dan efisien.
C.
Corporate
Value
Moral
Filosofi dari seluruh karyawan YOGYA Group adalah “ Jujur, Setia, dan Rendah
Hati “. Dimana jujur berarti melakukan setiap kegiatan pada jalan yang benar,
Setia adalah selalu menjaga nama baik perusahaan dimana pun kita berada, dan
Rendah Hati menandakan bahwa dalam melakukan tindakan tidak berdasarkan ingin
dipuji oleh orang lain.
D.
Tema
Kerja
1998 :
Thriving On Chaos2008 : Striving For Excellence
1999 :
One Step Ahead2009 : Inovasi Pelayanan
2000 :
Ready To Compete2010 : Do More
2001 :
Be The Winner2011 : YOGYA On The Move : Satukan Langkah
2002 :
Keep Learning2012 : MOVING FORWARD : Melangkah Maju
2003 : Continuous Improvement
2004 : Ready To Change 2013: Better
&Faster : Lebih Baik dan Lebih Cepat
2005 :
Win The Customer’s Hearts
2006 : Maju, Ya Efisien!
2007 : Konsumen PUAS
II.6 Pola Kerja Costumer
Service Operator
Waktu
|
Fokus
|
Aktivitas
|
|
Rutin
|
Tidak
Rutin
|
||
Persiapan
Buka Toko Konsumen
|
Ø Informasi
|
· Membaca
Buku Komunikasi
|
o Mengikuti
breefing
|
|
Ø Ruang
|
· Berkeliling
toko untuk membuat kesiapan acara/program
|
o Mencatat
acara/program yang akan berlangsung di hari itu
|
|
Ø Bukan
Barang Dagangan
|
· Menerima
telepon
· Memutar
Musik
|
|
|
|
· Merapikan/Membersihkan
Konter Customer Service
|
|
|
|
· Mencatat
atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko
|
|
|
|
· Mencatat
atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko
|
|
Buka
Toko Konsumen
|
Ø Konsumen
|
· Memutar
lagu pembukaan toko
· Berdiri
di konter saat lagi pembukaan berkumandang
|
|
Operasional
|
Ø Konsumen
|
· Melakukan
customer touch
|
o Melayani
pernyataan dan keluhan Konsumen
|
|
Ø Bukan
Barang Dagangan
|
· Menerima
telepon
· Memutar
Musik
· Melakukan
proses pembuatan member baru dan perpanjangan sesuai dengan standar yang ada
|
o Menangani
acara-acara yang akan dilaksanakan di toko
|
|
Ø Informasi
|
· Mengumumkan
acara yang sedang berlangsung di toko
|
|
Pergantian
Shift
|
Ø Informasi
|
· Memberitahukan
tugas tugas yang sudah dilakukan dan belum di lakukan
|
|
|
|
· Memberikan
Informasi- Informasi yang harus diketahui oleh lawan shift
|
|
|
|
·
Serah terima stok barang hadiah
|
|
Menjelang
Istirahat atau Shalat
|
Ø Informasi
|
· Istirahat
diperkenankan setelah lawan shiftnya berada di counter
|
|
|
|
· Menuliskan
pesan dibuku komunikasi untuk disampaikan kepada yang bersangkutan pada saat
yang bersangkutan sedang istirahat/shalat atau menyampaikan langsung kepada
yang bersangkutan
|
|
Menjelang
Tutup Toko
|
Ø Informasi
|
· Sesaat
sebelum tutup toko mengumumkan kepada konsumen bahwa toko akan segera di
tutup dan menginformasikan kassa mana saja yang masih dibuka
· Memutar
lagu penutupan toko
|
o Merapihkan
dan menghitung barang hadiah
|
Tugas
Mingguan
|
Ø Informasi
|
· Melaksanakan
general cleaning
· Melakukan
stok of name barang-barang hadiah
· Membuat
laporan keluhan pelanggan
|
|
BAB
I
PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang
Praktek kerja adalah
suatu kegiatan yang melakukan kewajiban untuk setiap siswa/siswi Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan di perusahaan negeri ataupun swasta
yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing, praktek kerja dilakukan
dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Suatu
pendidikan di perusahaan sangat berbeda dengan pendidikan yang telah dipelajari
di sekolah, disinilah siswa/siswi dilatih untuk terbiasa lebih terampil dalam
melaksanakan segala tugasnya sebagai siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK), adapun yang dimaksud dengan Pendidikan Sistem Ganda adalah suatu bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadu secara sistematik
dan sikron program pendidikan di sekolah dan program pengadaan keahlian yang
diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk
mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu. Dari semua itu maka
laporan ini disusun dengan sebaik baiknya.
I.2
Tujuan Penyusunan Laporan
1. Sebagai
bukti bahwa penulis telah mengikuti Pendidikan Sistem Ganda.
2. Sebagai
hasil tertulis dari hasil kegiatan praktek yang telah dilakukan di perusahaan
tersebut.
3. Sebagai
bentuk pertanggung jawaban bahwa penulis telah menyelesaikan Pendidikan Sistem
Ganda.
4. Sebagai
bahan acuan untuk memotivasi siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan supaya lebih
berpotensi.
I.3
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja
Pendidikan Sistem Ganda
di lakukan di PT. AKUR PRATAMA TOSERBA YOGYA PURWAKARTA Jl. Jenderal Sudirman
No.05 Nagri Tengah Purwakarta Jawa Barat, dan dimulai pada tanggal 13 Mei 2013
sampai dengan tanggal 13 Agustus 2013. Adapun pembagian jadwal pembagian jam
kerja sebagai berikut:
Senin-Jumat: Sabtu & Minggu
Pagi : 07.00 - 14.30 Pagi : 07.00 – 15.00
Sela : 11.00 - 18.30 Sela : 11.00 –19.00
Siang
: 13.30 - 21.00 Siang
: 13.00 –21.00
I.4
Ruang Lingkup Pekerjaan
Ruang lingkup masalah
dan pembahasan yang di berikan antara lain :
» Melaksanakan
pelayanan prima ( service excellent )
» Mengoperasikan
Alat komunikasi
» Menghadapi
keluhan pelanggan
» Menata
Produk
» Mempromosikan
suatu barang
» Memasukkan
data pelanggan ke buku besar
» Menginput
data pelanggan
» Melayani
proses perpanjangan dan pembuatan member baru
I.5 Sistematika Penyusunan Laporan
Laporan Kegiatan
Praktek ini saya susun menjadi VI BAB, Bab I Pendahuluan terdiri dari : I.1
Latar belakang, I.2 Tujuan Penyusunan Laporan, I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktik Kerja, I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan, dan I.5 Sistematika Penyusunan
Laporan. Dan untuk Bab II Tinjauan Umum menguraikan tentang : II.1 Sejarah
Singkat, II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas, II.3 Peraturan dan
Disiplin Kerja, II.4 Perekrutan Tenaga Kerja, II. 5 PARADIGMA ( Visi, Misi,
Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja), II.6 Pola kerja Custumer Service
Operator. Adapun untuk Bab III menjelaskan tentang Jurnal Kegiatan dan terakhir
Bab VI mengemukakan tentang Kesimpulan juga Saran. Adapun untuk halaman-halaman
selanjutnya yaitu untuk lampiran-lampiran kegiatan praktik kerja PSG seperti Daftar Hadir Praktik Kerja,
Rekapitulasi Kehadiran Praktik Kerja dan lain lain .
BAB
II
TINJAUAN
UMUM
II.1 Sejarah Singkat
Paradigma
yogya diartikan sebagai kerangka berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang
di kembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di
lingkungan perusahaan, serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
Cikal
bakal toserba yogya di awali oleh sebuah toko batik di jalan achmad yani
(kosambi) bandung, dengan luas toko sekitar 100m2 dan karyawan berjumlah 8
orang. Took batik yang di beri namaDJOCKJA ini di dirikan dan di kelola secara
sederhana oleh Bapak Gondosasmito bersama keluarga.
Pada
tahun 1972, pengelolaan toko diserahkan kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki dan
Ibu Tina Handayani, dengan keuletan dan kerja keras dilakukan pembenahan,
keinginan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi, sehingga yang tadinya hanya toko
batik, berubah menjadi toko kelontong. Nama DJOCKJA tetap di pertahankan, akan
tetapi penulisannya diganti menjadi YOGYA.
Seiring
dengan perkembangannya tanggal 28 oktober 1982 bertepatan dengan hari sumpah
pemuda, dibuka cabang yang pertama di jalan sunda no. 60 dengan luas took 200m2
dengan 40 karyawan. Selanjutnya tanggal 28 oktober ditetapkan sebagai hari
lahir Toserba Yogya.Selanjutnya pada tanggal 16 februari 2000, APRINDO melalui
Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, menganugrahkan
APRINDO AWARD kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki sebagai salah satu perintis
Ritel di Indonesia.
Kantor
pusat Yogya awalnya berada di jalan Sunda no.83, seiring dengan perkembangan
aktifitas perusahaan dan jumlah kayryawan yang semakin bertambah, kantor pusat
pindah menempati gedung baru yang lebih luas di jalan Soekarno – Hatta No.
236-238 Bandung, berdampingan dengan Distributor Centre (DC) yang telah ada
sebelumnya.
Sementara
gedung lama (Jalan Sunda No. 83) menjari Yogya Learning Centre, yakni sebagai
pusat kegiatan Direktorat HRD.Sampai
dengan Juni 2013, Yogya Group telah memiliki 76 Gerai Toserba Yogya dan Griya
dan dikelompokan menjadi 7 Regional sebagai berikut:
WIL
|
Regional Mananger
|
SM PEMBINA
|
CABANG
|
JML
|
TOTAL
|
|
1
|
EDDIE BUDIANTO
|
EDDIE BUDIANTO
|
MJL, GBJ, GPH, YGT
|
4
|
22
|
|
|
|
YENNI SUCIATI
|
GBB, GHS, GMH, GMR,
GBT, XYC
|
6
|
||
|
|
YOGI PREMADI
|
SMD, GTS, GJN, GCL
|
4
|
||
|
|
HERRY SOFRIADI
|
GCN, GUB, ATP, GAR
|
4
|
||
|
|
GIDEON
|
SAD, DNT, KSB, YLS
|
4
|
||
2
|
TUNGGUL W. AJI
|
TUNGGUL W. AJI
|
GSB, YSJ, GLB, XDG,
YCB
|
5
|
17
|
|
|
|
HERYANTO
|
YPC,GSS, GTK, YPJ, YSS
|
5
|
||
|
|
VICTOR DJOJOHARTONO
|
PSR, STR, YCW, XCW
|
4
|
||
|
|
ENENG SUMIASIH
|
KPT, KPM, GKP
|
3
|
||
3
|
LILIK MAWARWATI
|
|
YRI, YMD, YJB
|
3
|
3
|
|
4
|
H. UUS KUSNIADI
|
H. UUS KUSNIADI
|
GRT
|
1
|
7
|
|
|
|
BUDI NURHIKMAT
|
TSK, MBT, GCW
|
3
|
||
|
|
ULAM F. SINAGA
|
CMS, BJR, YMJ
|
3
|
||
5
|
YULIANA TINAWATI
|
YULIANA TINAWATI
|
GRN, SLW, GKN, YKN
|
4
|
13
|
|
|
|
DJOKO RAHARDJO
|
YJB, IDM, GJB, MJK
|
4
|
||
|
|
AKHMAD DIANI
|
YSG, PMK, YPT, PWK, YCK
|
5
|
||
6
|
YULIANA TINAWATI
|
WAWAN PRISTANTO
|
YTG, YLO, YKG, YSL,
YPL, YBR
|
6
|
6
|
|
7
|
ENDANG YUDHI
|
ENDANG YUDHI
|
YBJ, GCR
|
2
|
8
|
|
|
|
DEDE Y. GUMELAR
|
BGR, SKB, YCJ
|
3
|
||
|
|
N.A. PRIHANTARA
|
BGI, M2M,PDB
|
3
|
II.2 Struktur
Organisasi dan Pembagian Tugas
Jumlah
karyawan di Toserba Yogya Purwakarta adalah sebanyak 213 Orang yang terdiri
dari 25 Staff dan 187 Non Staff dengan rincian sebagai berikut:
Store
Manager : Jefri
Regional Staf : Tanti Riana (Regional Keuangan)
Staf (Back Office)
1. Personalia :
Hendra Gunawan
2. Keuangan I : Steffi Christianti
3. Keuangan II :Debora
4. Keuangan III :Julianti
5. Buyer Food :Ria
Nur Afriyani
5. Buyer Non Food : Tinti
Marilia
6. Receiving& Gudang : Yadi
Supriyadi
7. EDP :
Erik Wijaya
Staff Operational
1. CO Supermarket :
Pratama Alam Ulama
2. CO Fashion :
Marsito Adjie
3.SPV Food :
Usep Ridin, Deri Ferdiansyah, dan Gianti Triana
4. SPV Non Food : Ferdy
Kustiawan
5. SPV Fresh : Wahidin Aria Nugraha dan Topan
Herawan
6. SPV GMS : Ririn Suhaerinawati
7. SPV Bakery :
Dicky Supriatna
8. SPV Foodcourt :
Achmad Gumelar
9. SPV Ladies :
Astri Wahyuningsih
10. SPV Mens Wear : Rahmat
Hidayat
11.SPV Shoes & Bags :
Widaningsih
12.SPV Baby & Kids : Clara
Desy
13. Staf Umum :
Teddy Tisna Firmansyah
13. Staf CSO :
Nia Kurnia
Adapun yang membantu
kegiatan operasional Yogya Purwakartaadalah :
1. Adm :
15 orang
2. DT (Teknisi & Baker) : 6 orang
3. CR (Customer Relation) : 3 orang
4. KS (Kasir) :
44 orang
5. Service Crew (SC) : 108 orang
Adapun
rincian pembagiannya, yaitu :
1. Keamanan (KN) : 11 Orang
2. ADM
a. Adm. Personalia : 1 Orang d. Adm. Brankas:1 Orang
b. Adm. Receiving : 2 Orang e. Adm Keuangan : 8 Orang
c. Adm. Bakery : 1
Orang f. Adm. Fresh : 1 Orang
3. DT 4.
CR (Costumer Relation)
a. Teknisi :
2 Orang a. CR : 3 Orang
b. Butcher : 1
Orang b. Tipbar : 2
Orang
c. Bakery :
4 Oran
5. KS (Kasir)
a.Koord. Kasir :
1 Orang
b. Kasir : 44 Orang
6. SC (Service Crew)
a. SC Food : 18 Orang g. SC Gudang: 11 Orang
b. SC Fresh : 15
Orang h. SC Ladies : 11 Orang
c. SC Non Food : 10
Orang i. SC Mens Wear : 5 Orang
d. SC GMS : 10 Orang j. SC Shoes &Bags : 4 Orang
e.SC Bakery : 8 Orang k. SC Baby &Kids : 7 Orang
f. SC Foodcourt : 2 Orang
Operasional Toserba Yogya Purwakarta dibantu
pula oleh beberapa karyawan Outsourching yang bergerak di bidang kebersihan,
yang dilakukan oleh :
Kebersihan (MJM) : 34 Orang
Dibawah ini merupakan
struktur organisasi Toko Cabang YOGYA Purwakarta:
STORE MANAGER
|
CO SUPERMARKET
|
CO FASHION
|
BUYER
|
SPV
|
ADM
|
SC
|
SPV
|
SC
|
ACCOUNTING SPV KASSIR
|
PERSONALIA &
UMUM |
EDP
|
RECEIVING
|
ADM
|
KASSIR
|
ADM
DT
TEKNISI
KN
|
OUTSORCHING
CS
TUKANG
|
ADM
CHECKER (SC)
PG (SC)
|
VISUAL
|
DT
|
CSO
|
CR
Tipbar
|
II.3 Peraturan dan
Disiplin Kerja
j Jadwal
Shift & jam kerja ditentukan oleh personalia dengan mengindahkan peraturan
yang berlaku :
Senin-Jumat: Sabtu
& Minggu:
Pagi : 07.00 - 14.30 Pagi : 07.00 – 15.00
Sela : 11.00 - 18.30 Sela :
11.00 – 19.00
Siang
: 13.30 - 21.00 Siang :
13.00 – 21.00
·
Istirahat 1 jam (diatur oleh cabang
masing-masing)
·
Jadwal melaksanakan sholat Ashar dan
Maghrib diatur secara bergiliran
·
Jadwal off ditentukan oleh cabang
masing-masing (jadwal off hari Senin sd Jumat)
·
Hari Libur nasional siswa prakerin
diliburkan tanpa mengurangi hak off setiap minggunya (kecuali jika jadwal off
jatuh di hari libur nasional)
·
Setiap kegiatan/acara sekolah yang
mengharuskan siswa meninggalkan pekerjaan, pihak sekolah wajib menyampaikan
surat resmi kepada perusahaan.
j Mengisi
kartu hadir pada mesin pencatat waktu, saat tiba ditempat kerja, saat keluar
istirahat, saat masuk setelah istirahat serta saat pulang bekerja.
j Pengisian
kartu hadir hanya boleh dilakukan oleh siswa PRAKERIN yang bersangkutan.
j Sakit
dengan surat dokter diwajibkan mengganti hari kerja dengan ketentuan 1 surat
dokter 1 hari kerja (dengan melampirkan: surat keterangan sakit dari dokter,
kuitansi dokter , kuitansi obat/apotik, copy resep/obat).
j Ijin
atau sakit tanpa surat dokter, diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang
digunakan untuk ijin atau sakit tanpa surat dokter.
j Mangkir
(tidak masuk tanpa berita), diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang
digunakan untuk mangkir dan dikenakan sanksi terhadap nilai (akademis).
j Ijin
tidak masuk kerja harus dibicarakan terlebih dahulu dengan atasan langsung,
minimal 1 hari sebelumnya.
j 3
kali datang terlambat dan atau pulang sebelum waktunya dalam satu periode
absensi diwajibkan mengganti 1 hari kerja dan dikenakan sanksi terhadap nilai
(akademis).
j 3
kali mangkir (tidak masuk tanpa berita) dalam satu periode absen peserta
dianggap mengundurkan diri.
j Penggantian
hari kerja dilakukan pada akhir program Prakerin. Tidak diijinkan diganti
dengan hari off-nya.
j Menggunakan
seragam, untuk wanita kemeja lengan panjang/pendek warna hitam (model standar
kemeja sekolah) dan celana panjang warna hitam model standar (bukan jeans, bukan
kaos, bukan model pinsil), untuk pria kemeja lengan pendek warna hitam dengan
celana panjang warna hitam.
j Sepatu
formal warna hitam tertutup. Untuk pria menggunakan ikat pinggang hitam dan
kaos kaki.
j Wajib
menggunakan tanda pengenal (ID Card) dari personalia selama jam kerja. ID card
harus bersih, menggunakan foto diletakkan di kiri atas (dada kiri).
j Apabila
melakukan tindakan yang merugikan perusahaan, maka pihak YOGYA berhak
menggambil tindakan tegas.
j Tidak
diijinkan untuk menggunakan sarana dan prasarana (telpon, tester, computer,
foto copy) yang berada dilingkungan kerja untuk kepentingan pribadi.
j Tidak
diijinkan menggunakan handphone/alat komunikasi di area penjualan.
j Personalia
dan staf terkait berhak menegur dan memberi sanksi pada siswa PRAKERIN yang
melanggar peraturan, serta laporkan pada pihak sekolah dan Learning Centre
Dept.
j
Pihak Toserba YOGYA berhak
memberhentikan kegiatan PRAKERIN jika peserta yang bersangkutan melanggar
ketentuan yang disebut diatas.
II.4 Perekrutan Tenaga
Kerja
SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
Catatan:
Kriteria Tes Fisik: -
Tinggi Karyawan -
Penyakit Kulit
- Tato -
Mata/Kacamata
- Tindik
-
Cacat Fisik
Jenis pekerjaan yang
mengikuti tes lanjutan: - Administrasi
-Pelaksana Visual
- Driver
- Teknisi
Jenis
pekerjaan yang mengikuti tes lanjutan dan nego: -
Cook
-
Baker
-
Butcher
Selain jenis pekerjaan diatas : Negosiasi
gaji sudah termasuk didalam wawancara
PROSEDUR
SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
PELAKSANA
|
PROSES
|
DOKUMEN
|
|
Mulai
|
|
Administrasi
|
Perapihan
dan pendataan lamaran
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Rekrut
|
Seleksi
Administrasi
|
Lamaran
calon karyawan
|
Administrasi
|
Input
data hasil seleksi Administrasi dan pemanggilan
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Rekrut
|
Tes
Fisik
|
Lamaran
calon karyawan
|
|
Lulus
|
Kompetensi
jabatan
|
Tim
Pewawancara
|
Wawancara
|
Form
lamaran karyawan
|
(Rekrut/Personalia)
|
Lulus
|
Form
kompetensi dan PETA
|
Tim
Psikotes
|
Pelaksanaan
Psikotes
|
|
|
Lulus
|
|
User
|
Perlu
wawancara/ Tes lanjutan (user)
Lulus
Perlu
Negosiasi
|
Memo hasil wawancara user (keputusan &
tanda tangan)/ form wawancara Hard Competency (lanjutan)
|
Tim
Rekrut
|
Negosiasi
|
CV
calon karyawan
|
|
Setuju?
Perlu
Tes Kesehatan
|
Rekap
Wawancara
Form
Disposisi
|
Lembaga/Tenaga
Medis yang ditunjuk perusahaan & Tim Rekrut
|
Tes
Kesehatan
Lulus
Penempatan
Selesai
|
Rujukan
Pemeriksaan kesehatan karyawan
Form
hasil wawancara dan psikotes
|
|
|
|
Administrasi
|
Pemberitahuan
ke Pelamar
|
Rekap
wawancara
Form
surat pemberitahuan
|
|
Selesai
|
|
PROSEDUR
SELEKSI KARYAWAN BARU STAFF
PELAKSANA
|
PROSES
|
DOKUMEN
|
|
Mulai
|
|
Administrasi
|
Perapihan
dan Pendataan lamaran
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Rekrut
|
Selesai
Administrasi, Input, dan Pemanggilan
|
Lamaran
calon karyawan
|
Tim
Psikotes
|
Pelaksanaan
Psikotes
|
Form
Psikotes
|
|
Sudah
wawancara
|
|
Tim
Pewawancara
|
Wawancara
|
Kompetensi
jabatan
|
(recrut
HRD)
|
Sudah
Psikotes
|
Form
lamaran kerja
|
|
|
Form
Kompetensi & PETA
|
Tim
Psikotes & Tim Pewawancara
|
Konsolidasi
Hasil Wawancara & Psikotes
|
|
|
Lulus
|
|
User
|
Perlu
wawancara user
Wawancara
user
|
Memo
hasil wawancara user (keputusan dan tanda tangan /form wawancara HRD
Competency
|
Presiden
Direktur
|
Resview
Presdir
Lulus
|
CV
calon karyawan, Rekap hasil wawancara, Hasil psikotes
|
HRD
Manager/HRD Director
|
Negosiasi
Gaji
Setuju
|
CV
calon karyawan , Rekap wawancara, Form
Disposisi
|
Lembaga/tenaga
medis yang ditunjuk perusahaan
|
Tes
kesehatan
Lulus
|
Rujukan
pemeriksaan kesehatan karyawan, catatan kesehatan karyawan dari tim medis
|
HRD
Manager/HRD Director
|
Penempatan
|
Form
hasil wawancara & psikotes
|
|
Selesai
|
|
|
|
|
Administrasi
|
Pemberitahuan
ke Pelamar
|
Rekap
wawancara , Form Surat pemberitahuan
|
|
Selesai
|
|
II.5 PARADIGMA ( Visi,
Misi, Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja)
Paradigma yogya diartikan sebagai kerangka
berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang di kembangkan dari sejarah
perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di lingkungan perusahaan, serta
dalam berinteraksi dengan stake holder
umumnya.
A. Visi dan Misi
YOGYA memiliki visi yaitu, “Tetap Menjadi Pilihan Utama”. Dalam hal
ini yang dimaksud dangan “Tetap Menjadi Pilihan Utama” adalah bahwa sekalipun
banyak berdiri perusahaan retail yang sejenis namun Toserba YOGYA tetap dapat
menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk berbelanja dalam memenuhi
kebutuhannya. Selain ditujukan kepada konsumen,visi ini juga ditujukan kepada
para supplier sebagai tempat memasarkan produk mereka
Misi YOGYA adalah
“Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat”.Dalam hal ini YOGYA senantiasa berusaha
untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para konsumennya secara lengkap dengan
pelayanan yang memuaskan.
B.
Bisnis
Objective
Bisnis objective 2013 adalah sebagai berikut:
1. Sales
growth follow by profit
2. Compliance
berarti harus patuh pada perintah atasan, system dan prosedur,peraturan
perundang-undangan, peraturan perusahaan dan lainnya.
3. Better,
faster, and controllable
Dalam
bekerja harus lebih baik, lebih cepat, dan efisien.
C.
Corporate
Value
Moral
Filosofi dari seluruh karyawan YOGYA Group adalah “ Jujur, Setia, dan Rendah
Hati “. Dimana jujur berarti melakukan setiap kegiatan pada jalan yang benar,
Setia adalah selalu menjaga nama baik perusahaan dimana pun kita berada, dan
Rendah Hati menandakan bahwa dalam melakukan tindakan tidak berdasarkan ingin
dipuji oleh orang lain.
D.
Tema
Kerja
1998 :
Thriving On Chaos2008 : Striving For Excellence
1999 :
One Step Ahead2009 : Inovasi Pelayanan
2000 :
Ready To Compete2010 : Do More
2001 :
Be The Winner2011 : YOGYA On The Move : Satukan Langkah
2002 :
Keep Learning2012 : MOVING FORWARD : Melangkah Maju
2003 : Continuous Improvement
2004 : Ready To Change 2013: Better
&Faster : Lebih Baik dan Lebih Cepat
2005 :
Win The Customer’s Hearts
2006 : Maju, Ya Efisien!
2007 : Konsumen PUAS
II.6 Pola Kerja Costumer
Service Operator
Waktu
|
Fokus
|
Aktivitas
|
|
Rutin
|
Tidak
Rutin
|
||
Persiapan
Buka Toko Konsumen
|
Ø Informasi
|
· Membaca
Buku Komunikasi
|
o Mengikuti
breefing
|
|
Ø Ruang
|
· Berkeliling
toko untuk membuat kesiapan acara/program
|
o Mencatat
acara/program yang akan berlangsung di hari itu
|
|
Ø Bukan
Barang Dagangan
|
· Menerima
telepon
· Memutar
Musik
|
|
|
|
· Merapikan/Membersihkan
Konter Customer Service
|
|
|
|
· Mencatat
atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko
|
|
|
|
· Mencatat
atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko
|
|
Buka
Toko Konsumen
|
Ø Konsumen
|
· Memutar
lagu pembukaan toko
· Berdiri
di konter saat lagi pembukaan berkumandang
|
|
Operasional
|
Ø Konsumen
|
· Melakukan
customer touch
|
o Melayani
pernyataan dan keluhan Konsumen
|
|
Ø Bukan
Barang Dagangan
|
· Menerima
telepon
· Memutar
Musik
· Melakukan
proses pembuatan member baru dan perpanjangan sesuai dengan standar yang ada
|
o Menangani
acara-acara yang akan dilaksanakan di toko
|
|
Ø Informasi
|
· Mengumumkan
acara yang sedang berlangsung di toko
|
|
Pergantian
Shift
|
Ø Informasi
|
· Memberitahukan
tugas tugas yang sudah dilakukan dan belum di lakukan
|
|
|
|
· Memberikan
Informasi- Informasi yang harus diketahui oleh lawan shift
|
|
|
|
·
Serah terima stok barang hadiah
|
|
Menjelang
Istirahat atau Shalat
|
Ø Informasi
|
· Istirahat
diperkenankan setelah lawan shiftnya berada di counter
|
|
|
|
· Menuliskan
pesan dibuku komunikasi untuk disampaikan kepada yang bersangkutan pada saat
yang bersangkutan sedang istirahat/shalat atau menyampaikan langsung kepada
yang bersangkutan
|
|
Menjelang
Tutup Toko
|
Ø Informasi
|
· Sesaat
sebelum tutup toko mengumumkan kepada konsumen bahwa toko akan segera di
tutup dan menginformasikan kassa mana saja yang masih dibuka
· Memutar
lagu penutupan toko
|
o Merapihkan
dan menghitung barang hadiah
|
Tugas
Mingguan
|
Ø Informasi
|
· Melaksanakan
general cleaning
· Melakukan
stok of name barang-barang hadiah
· Membuat
laporan keluhan pelanggan
|
|
BAB
VI
KESIMPULAN
DAN SARAN
VI.1 Kesimpulan
Dari kegiatan
Pendidikan Sitem Ganda yang telah saya lakukan, saya dapat menarik kesimpulan
bahwa Program PSG ini dapat membantu saya dalam melaksanakan tugas dari sekolah
dengan sebaik baiknya serta dengan kejujuran dan kedisiplinan, Program PSG ini
juga merupakan sumber awal untuk mengetahui situasi dalam bekerja. Dengan
adanya Program PSG ini saya mendapat pelajaran penting dan pelajaran lebih
mendalam lagi tentang teori-teori di jurusan saya, dan kegiatan ini merupakan
pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
II.2 Saran
A. Untuk
Sekolah
« Fasilitas
sekolah diharapkan bisa lebih lengkap lagi agar lebih menunjang untuk proses
belajar mengajar dengan baik, terutama untuk pelajaran kejuruan.
« Pada
saat pembekalan, pemberian materinya diharapkan lebih menarik lagi agar para
siswa/siswi yang mendengarkan tidak merasa bosan dan jenuh.
« Pada
saat siswa/siswi melakukan praktek diharapkan guru pembimbing / guru-guru yang
lainnya masih menjaga komunikasi dengan siswa/siswi.
B.
Untuk Dunia Kerja
« Diharapkan
baik karyawan/karyawati Yogya Purwakarta agar lebih ramah lagi terhadap
konsumen agar konsumen lebih nyaman lagi berada di area seputaran pembelanjaan.
« Diharapkan
apabila barang promo hadiah telah habis, POP promo yang ada agar segera dilepas
dari tempat area promo agar tidak mengecewakan banyak pelanggan.
« Hubungan
antara karyawan, siswi Prakerin, dan Staf diharapkan lebih akrab lagi agar dalam
bekerja lebih semangat lagi dan apabila ada masalah dapat
teratasi dengan baik.
0 Response to "CONTOH JURNAL SMK PEMASARAN"
Posting Komentar