Adsanse

MENU HALAMAN

CONTOH JURNAL SMK PEMASARAN

COVER LAPORAN



LAPORAN   KEGIATAN

PRAKTIK KERJA

DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA
DI

PT. AKUR PRATAMA TOSERBA YOGYA PURWAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2012/2013




Disusun Oleh :

Nama                                       : CRISTIN RIYANI DEBORA
No. Induk                               : 111011360
Kelas                                       : XI PEMASARAN 2
Kompetensi Keahlian              : PEMASARAN


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
            SMK NEGERI 2 PURWAKARTA
        JL. JEND. A. YANI 98 TLP. 200724 PURWAKARTA 41114

KATA PENGANTAR



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji dan Syukur marilah kita panjatkan kepada Allah swt., karena-Nya Laporan Kegiatan Praktik Kerja Dalam Pendidikan Sistem Ganda Di PT. Akur Pratama Toserba Yogya Purwakarta telah selesai saya laksanakan.
Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pengelolaan dan pelaksanaan Praktik Kerja terutama kepada :
Pihak Dunia Kerja :
1.   Bapak Jefri selaku Store Manager
2.   Bapak Hendra Gunawan selaku Staff Personalia
3.   Bapak Marsito Aji selaku Chiff Operasional Fashion
4.   IbuNia Kurnia selaku Pembimbing Dunia Kerja dan Spv. CSO
5.   Seluruh Karyawan dan Karyawati Toserba Yogya Purwakarta
Pihak Sekolah :
1.   Ibu Dra. Hj. Rd. Dedeh Kuraesin, MM.Pd selaku Kepala sekolah SMKN 2 PURWAKARTA
2.   Bapak Drs. Amin Romli selaku Wakil Kepala Sekolah SMKN 2 PURWAKARTA bidang Humas
3.   Ibu Dra. Hj. Eva Latifah selaku Kepala Program Keahlian Pemasaran
4.   Ibu Sri Winarti, Spd selaku Pembimbing Sekolah
Saya menyadari bahwasannya Laporan Kegiatan Praktik Kerja ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Oleh karena itu saya harapkan kritik dan  saran  yang  bersifat membangun untuk perbaikan penyusunan laporan di masa yang akan datang.


  Purwakarta, 13 - Agustus - 2013



  Penyusun



DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan………………………………………………………………………i
Identitas Peserta Praktik Kerja……………………………………………………...........ii
Identitas Dunia Kerja / Industri………………………………………………………….iii
Kata Pengantar……………………………………………………………………..........iv
Daftar Isi…………………………………………………………………………………v
BAB I PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang…………………………………………………………..……….1
I.2 Tujuan Penyusunan Laporan……………………………………………………..1
I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja…………………………………..1
I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan………………………………………………………..2
I.5 Sistematika Penyusunan Laporan………………………………………………..2
BAB II TINJAUAN UMUM
II.1 Sejarah Singkat………………………………………………………………….3
II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian …………………………………………....4
II.3 Peraturan dan Disiplin Kerja…………………………………………………....7
II.4 Perekrutan TenagaKerja………………………………………………………...9
II.5 PARADIGMA ( Visi, Misi, BisnisObjektif, Corporate Value, TemaKerja)…..12
II.6 Pola Kerja Costumer Service Operator ……………………………………......13
BAB III JURNAL KEGIATAN………………………………………………………...16
BAB IV PENUTUP……………………………………………………………………..42
Lampiran - Lampiran………………………………………………………….........43

 
BAB 1 PENDAHULUAN



BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Praktek kerja adalah suatu kegiatan yang melakukan kewajiban untuk setiap siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan di perusahaan negeri ataupun swasta yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing, praktek kerja dilakukan dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Suatu pendidikan di perusahaan sangat berbeda dengan pendidikan yang telah dipelajari di sekolah, disinilah siswa/siswi dilatih untuk terbiasa lebih terampil dalam melaksanakan segala tugasnya sebagai siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), adapun yang dimaksud dengan Pendidikan Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadu secara sistematik dan sikron program pendidikan di sekolah dan program pengadaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu. Dari semua itu maka laporan ini disusun dengan sebaik baiknya.
I.2 Tujuan Penyusunan Laporan
1.      Sebagai bukti bahwa penulis telah mengikuti Pendidikan Sistem Ganda.
2.      Sebagai hasil tertulis dari hasil kegiatan praktek yang telah dilakukan di perusahaan tersebut.
3.      Sebagai bentuk pertanggung jawaban bahwa penulis telah menyelesaikan Pendidikan Sistem Ganda.
4.      Sebagai bahan acuan untuk memotivasi siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan supaya lebih berpotensi.
I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja
Pendidikan Sistem Ganda di lakukan di PT. AKUR PRATAMA TOSERBA YOGYA PURWAKARTA Jl. Jenderal Sudirman No.05 Nagri Tengah Purwakarta Jawa Barat, dan dimulai pada tanggal 13 Mei 2013 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2013. Adapun pembagian jadwal pembagian jam kerja sebagai berikut:
Senin-Jumat:                                          Sabtu & Minggu
Pagi             : 07.00 - 14.30                     Pagi : 07.00 – 15.00
Sela             : 11.00 - 18.30                     Sela : 11.00 –19.00
Siang           : 13.30 - 21.00                                           Siang         : 13.00 –21.00
I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan
Ruang lingkup masalah dan pembahasan yang di berikan antara lain :
»      Melaksanakan pelayanan prima ( service excellent )
»      Mengoperasikan Alat komunikasi
»      Menghadapi keluhan pelanggan
»      Menata Produk
»      Mempromosikan suatu barang
»      Memasukkan data pelanggan ke buku besar
»      Menginput data pelanggan
»      Melayani proses perpanjangan dan pembuatan member baru

I.5 Sistematika Penyusunan Laporan
Laporan Kegiatan Praktek ini saya susun menjadi VI BAB, Bab I Pendahuluan terdiri dari : I.1 Latar belakang, I.2 Tujuan Penyusunan Laporan, I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja, I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan, dan I.5 Sistematika Penyusunan Laporan. Dan untuk Bab II Tinjauan Umum menguraikan tentang : II.1 Sejarah Singkat, II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas, II.3 Peraturan dan Disiplin Kerja, II.4 Perekrutan Tenaga Kerja, II. 5 PARADIGMA ( Visi, Misi, Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja), II.6 Pola kerja Custumer Service Operator. Adapun untuk Bab III menjelaskan tentang Jurnal Kegiatan dan terakhir Bab VI mengemukakan tentang Kesimpulan juga Saran. Adapun untuk halaman-halaman selanjutnya yaitu untuk lampiran-lampiran kegiatan praktik kerja PSG  seperti Daftar Hadir Praktik Kerja, Rekapitulasi Kehadiran Praktik Kerja dan lain lain .









BAB II
TINJAUAN UMUM

II.1 Sejarah Singkat
Paradigma yogya diartikan sebagai kerangka berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang di kembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di lingkungan perusahaan, serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
            Cikal bakal toserba yogya di awali oleh sebuah toko batik di jalan achmad yani (kosambi) bandung, dengan luas toko sekitar 100m2 dan karyawan berjumlah 8 orang. Took batik yang di beri namaDJOCKJA ini di dirikan dan di kelola secara sederhana oleh Bapak Gondosasmito bersama keluarga.
            Pada tahun 1972, pengelolaan toko diserahkan kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki dan Ibu Tina Handayani, dengan keuletan dan kerja keras dilakukan pembenahan, keinginan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi, sehingga yang tadinya hanya toko batik, berubah menjadi toko kelontong. Nama DJOCKJA tetap di pertahankan, akan tetapi penulisannya diganti menjadi YOGYA.
            Seiring dengan perkembangannya tanggal 28 oktober 1982 bertepatan dengan hari sumpah pemuda, dibuka cabang yang pertama di jalan sunda no. 60 dengan luas took 200m2 dengan 40 karyawan. Selanjutnya tanggal 28 oktober ditetapkan sebagai hari lahir Toserba Yogya.Selanjutnya pada tanggal 16 februari 2000, APRINDO melalui Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, menganugrahkan APRINDO AWARD kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki sebagai salah satu perintis Ritel di Indonesia.
            Kantor pusat Yogya awalnya berada di jalan Sunda no.83, seiring dengan perkembangan aktifitas perusahaan dan jumlah kayryawan yang semakin bertambah, kantor pusat pindah menempati gedung baru yang lebih luas di jalan Soekarno – Hatta No. 236-238 Bandung, berdampingan dengan Distributor Centre (DC) yang telah ada sebelumnya.
Sementara gedung lama (Jalan Sunda No. 83) menjari Yogya Learning Centre, yakni sebagai pusat kegiatan Direktorat HRD.Sampai dengan Juni 2013, Yogya Group telah memiliki 76 Gerai Toserba Yogya dan Griya dan dikelompokan menjadi 7 Regional sebagai berikut:


WIL
Regional Mananger
SM PEMBINA
CABANG
JML
TOTAL


1
EDDIE BUDIANTO
EDDIE BUDIANTO
MJL, GBJ, GPH, YGT
4
22



YENNI SUCIATI
GBB, GHS, GMH, GMR, GBT, XYC
6



YOGI PREMADI
SMD, GTS, GJN, GCL
4



HERRY SOFRIADI
GCN, GUB, ATP, GAR
4



GIDEON
SAD, DNT, KSB, YLS
4

2
TUNGGUL W. AJI
TUNGGUL W. AJI
GSB, YSJ, GLB, XDG, YCB
5
17



HERYANTO
YPC,GSS, GTK, YPJ, YSS
5



VICTOR DJOJOHARTONO
PSR, STR, YCW, XCW
4



ENENG SUMIASIH
KPT, KPM, GKP
3

3
LILIK MAWARWATI

YRI, YMD, YJB
3
3

4
H. UUS KUSNIADI
H. UUS KUSNIADI
GRT
1
7



BUDI NURHIKMAT
TSK, MBT, GCW
3



ULAM F. SINAGA
CMS, BJR, YMJ
3

5
YULIANA TINAWATI
YULIANA TINAWATI
GRN, SLW, GKN, YKN
4
13



DJOKO RAHARDJO
YJB, IDM, GJB, MJK
4



AKHMAD DIANI
YSG, PMK, YPT, PWK, YCK
5

6
YULIANA TINAWATI
WAWAN PRISTANTO
YTG, YLO, YKG, YSL, YPL, YBR
6
6

7
ENDANG YUDHI
ENDANG YUDHI
YBJ, GCR
2
8



DEDE Y. GUMELAR
BGR, SKB, YCJ
3



N.A. PRIHANTARA
BGI, M2M,PDB
3


II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas
Jumlah karyawan di Toserba Yogya Purwakarta adalah sebanyak 213 Orang yang terdiri dari 25 Staff dan 187 Non Staff dengan rincian sebagai berikut:
Store Manager             :           Jefri
Regional Staf              :           Tanti Riana (Regional Keuangan)
Staf (Back Office)     
1. Personalia                   : Hendra Gunawan
2. Keuangan I                : Steffi Christianti
3. Keuangan II               :Debora
4. Keuangan III             :Julianti           
5. Buyer Food                :Ria Nur Afriyani       
5. Buyer Non Food        : Tinti Marilia
6. Receiving& Gudang  : Yadi Supriyadi
7. EDP                           : Erik Wijaya

Staff Operational
1. CO Supermarket        : Pratama Alam Ulama
2. CO Fashion                : Marsito Adjie
3.SPV Food                   : Usep Ridin, Deri Ferdiansyah, dan Gianti Triana
4. SPV Non Food          : Ferdy Kustiawan
5. SPV Fresh                  : Wahidin Aria Nugraha dan Topan Herawan
6. SPV GMS                  : Ririn Suhaerinawati
7. SPV Bakery               : Dicky Supriatna
8. SPV Foodcourt          : Achmad Gumelar
9. SPV Ladies                : Astri Wahyuningsih
10. SPV Mens Wear      : Rahmat Hidayat
11.SPV Shoes & Bags   : Widaningsih
12.SPV Baby & Kids    : Clara Desy
13. Staf Umum              : Teddy Tisna Firmansyah
13. Staf CSO                 : Nia Kurnia
Adapun yang membantu kegiatan operasional Yogya Purwakartaadalah :
1.      Adm                                     : 15 orang
2.      DT (Teknisi & Baker)          : 6 orang
3.      CR (Customer Relation)      : 3 orang
4.      KS (Kasir)                            : 44 orang
5.      Service Crew (SC)               : 108 orang
Adapun rincian pembagiannya, yaitu :
                     1. Keamanan (KN)         : 11 Orang
2. ADM 
a.         Adm. Personalia          : 1 Orang              d. Adm. Brankas:1 Orang
b. Adm. Receiving      : 2 Orang            e. Adm Keuangan : 8 Orang
c. Adm. Bakery           : 1 Orang           f. Adm. Fresh  : 1 Orang

3. DT                              4. CR (Costumer Relation)
a. Teknisi                     : 2 Orang                   a. CR     : 3 Orang
b. Butcher                   : 1 Orang                  b. Tipbar : 2 Orang
c. Bakery                     : 4 Oran
5. KS (Kasir)                 
a.Koord. Kasir                        : 1 Orang
b.         Kasir                : 44 Orang
6. SC (Service Crew)    
a.  SC Food                 : 18 Orang           g. SC Gudang: 11 Orang
b. SC Fresh                 : 15 Orang          h. SC Ladies            : 11 Orang
c. SC Non Food          : 10 Orang         i.  SC Mens Wear    : 5 Orang
d. SC GMS                 : 10 Orang          j. SC Shoes &Bags : 4 Orang
e.SC Bakery                : 8 Orang           k. SC Baby &Kids  : 7 Orang
f. SC Foodcourt          : 2 Orang
Operasional Toserba Yogya Purwakarta dibantu pula oleh beberapa karyawan Outsourching yang bergerak di bidang kebersihan, yang dilakukan oleh :
Kebersihan (MJM)   : 34 Orang











Dibawah ini merupakan struktur organisasi Toko Cabang YOGYA Purwakarta:
STORE MANAGER
CO SUPERMARKET
CO FASHION
BUYER
SPV
ADM
SC
SPV
SC
ACCOUNTING SPV KASSIR
PERSONALIA &
 UMUM
EDP
RECEIVING
ADM
KASSIR
ADM
DT
TEKNISI
KN
OUTSORCHING
CS
TUKANG
ADM
CHECKER (SC)
PG (SC)
VISUAL
DT
CSO
CR
Tipbar















II.3 Peraturan dan Disiplin Kerja
j       Jadwal Shift & jam kerja ditentukan oleh personalia dengan mengindahkan peraturan yang berlaku :
Senin-Jumat:                                            Sabtu & Minggu:
Pagi             : 07.00 - 14.30                        Pagi             : 07.00 – 15.00
Sela             : 11.00 - 18.30 Sela                                    : 11.00 – 19.00
Siang           : 13.30 - 21.00 Siang                                  : 13.00 – 21.00
·         Istirahat 1 jam (diatur oleh cabang masing-masing)
·         Jadwal melaksanakan sholat Ashar dan Maghrib diatur secara bergiliran
·         Jadwal off ditentukan oleh cabang masing-masing (jadwal off hari Senin sd Jumat)
·         Hari Libur nasional siswa prakerin diliburkan tanpa mengurangi hak off setiap minggunya (kecuali jika jadwal off jatuh di hari libur nasional)
·         Setiap kegiatan/acara sekolah yang mengharuskan siswa meninggalkan pekerjaan, pihak sekolah wajib menyampaikan surat resmi kepada perusahaan.
j       Mengisi kartu hadir pada mesin pencatat waktu, saat tiba ditempat kerja, saat keluar istirahat, saat masuk setelah istirahat serta saat pulang bekerja.
j       Pengisian kartu hadir hanya boleh dilakukan oleh siswa PRAKERIN yang bersangkutan.
j       Sakit dengan surat dokter diwajibkan mengganti hari kerja dengan ketentuan 1 surat dokter 1 hari kerja (dengan melampirkan: surat keterangan sakit dari dokter, kuitansi dokter , kuitansi obat/apotik, copy resep/obat).
j       Ijin atau sakit tanpa surat dokter, diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang digunakan untuk ijin atau sakit tanpa surat dokter.
j       Mangkir (tidak masuk tanpa berita), diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang digunakan untuk mangkir dan dikenakan sanksi terhadap nilai (akademis).
j       Ijin tidak masuk kerja harus dibicarakan terlebih dahulu dengan atasan langsung, minimal 1 hari sebelumnya.
j       3 kali datang terlambat dan atau pulang sebelum waktunya dalam satu periode absensi diwajibkan mengganti 1 hari kerja dan dikenakan sanksi terhadap nilai (akademis).
j       3 kali mangkir (tidak masuk tanpa berita) dalam satu periode absen peserta dianggap mengundurkan diri.
j       Penggantian hari kerja dilakukan pada akhir program Prakerin. Tidak diijinkan diganti dengan hari off-nya.
j       Menggunakan seragam, untuk wanita kemeja lengan panjang/pendek warna hitam (model standar kemeja sekolah) dan celana panjang warna hitam model standar (bukan jeans, bukan kaos, bukan model pinsil), untuk pria kemeja lengan pendek warna hitam dengan celana panjang warna hitam.
j       Sepatu formal warna hitam tertutup. Untuk pria menggunakan ikat pinggang hitam dan kaos kaki.
j       Wajib menggunakan tanda pengenal (ID Card) dari personalia selama jam kerja. ID card harus bersih, menggunakan foto diletakkan di kiri atas (dada kiri).
j       Apabila melakukan tindakan yang merugikan perusahaan, maka pihak YOGYA berhak menggambil tindakan tegas.
j       Tidak diijinkan untuk menggunakan sarana dan prasarana (telpon, tester, computer, foto copy) yang berada dilingkungan kerja untuk kepentingan pribadi.
j       Tidak diijinkan menggunakan handphone/alat komunikasi di area penjualan.
j       Personalia dan staf terkait berhak menegur dan memberi sanksi pada siswa PRAKERIN yang melanggar peraturan, serta laporkan pada pihak sekolah dan Learning Centre Dept.
j       Pihak Toserba YOGYA berhak memberhentikan kegiatan PRAKERIN jika peserta yang bersangkutan melanggar ketentuan yang disebut diatas.

II.4 Perekrutan Tenaga Kerja
SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
Catatan:
Kriteria Tes Fisik: - Tinggi Karyawan                               - Penyakit Kulit
-    Tato                                                  - Mata/Kacamata
-    Tindik                                               - Cacat Fisik
Jenis pekerjaan yang mengikuti tes lanjutan:   - Administrasi
                                                                    -Pelaksana Visual
-    Driver
-    Teknisi
      Jenis pekerjaan yang mengikuti tes lanjutan dan nego:    - Cook
                                                            - Baker
                                                            - Butcher
Selain jenis pekerjaan diatas : Negosiasi gaji sudah termasuk didalam wawancara
PROSEDUR SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
PELAKSANA
PROSES
DOKUMEN

Mulai

Administrasi
Perapihan dan pendataan lamaran
Lamaran calon karyawan
Tim Rekrut
Seleksi Administrasi
Lamaran calon karyawan
Administrasi
Input data hasil seleksi Administrasi dan pemanggilan
Lamaran calon karyawan
Tim Rekrut
Tes Fisik
Lamaran calon karyawan

Lulus
Kompetensi jabatan
Tim Pewawancara
Wawancara
Form lamaran karyawan
(Rekrut/Personalia)
Lulus
Form kompetensi dan PETA
Tim Psikotes
Pelaksanaan Psikotes


Lulus

User
Perlu wawancara/ Tes lanjutan (user)
Lulus
Perlu Negosiasi
 Memo hasil wawancara user (keputusan & tanda tangan)/ form wawancara Hard Competency (lanjutan)
Tim Rekrut
Negosiasi
CV calon karyawan

Setuju?
Perlu Tes Kesehatan
Rekap Wawancara
Form Disposisi
Lembaga/Tenaga Medis yang ditunjuk perusahaan & Tim Rekrut
Tes Kesehatan
Lulus
Penempatan
Selesai
Rujukan Pemeriksaan kesehatan karyawan
Form hasil wawancara dan psikotes



Administrasi
Pemberitahuan ke Pelamar
Rekap wawancara
Form surat pemberitahuan

Selesai


PROSEDUR SELEKSI KARYAWAN BARU STAFF
PELAKSANA
PROSES
DOKUMEN

Mulai

Administrasi
Perapihan dan Pendataan lamaran
Lamaran calon karyawan
Tim Rekrut
Selesai Administrasi, Input, dan Pemanggilan
Lamaran calon karyawan
Tim Psikotes
Pelaksanaan Psikotes
Form Psikotes

Sudah wawancara

Tim Pewawancara
Wawancara
Kompetensi jabatan
(recrut HRD)
Sudah Psikotes
Form lamaran kerja


Form Kompetensi & PETA
Tim Psikotes & Tim Pewawancara
Konsolidasi Hasil Wawancara & Psikotes


Lulus


User
Perlu wawancara user
Wawancara user
Memo hasil wawancara user (keputusan dan tanda tangan /form wawancara HRD Competency
Presiden Direktur
Resview Presdir
Lulus
CV calon karyawan, Rekap hasil wawancara, Hasil psikotes
HRD Manager/HRD Director
Negosiasi Gaji
Setuju
CV calon karyawan , Rekap wawancara,  Form Disposisi
Lembaga/tenaga medis yang ditunjuk perusahaan
Tes kesehatan
Lulus
Rujukan pemeriksaan kesehatan karyawan, catatan kesehatan karyawan dari tim medis
HRD Manager/HRD Director
Penempatan
Form hasil wawancara & psikotes

Selesai




Administrasi
Pemberitahuan ke Pelamar
Rekap wawancara , Form Surat pemberitahuan

Selesai



II.5 PARADIGMA ( Visi, Misi, Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja)
Paradigma yogya diartikan sebagai kerangka berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang di kembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di lingkungan perusahaan, serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
A.    Visi dan Misi
YOGYA memiliki visi yaitu, “Tetap Menjadi Pilihan Utama”. Dalam hal ini yang dimaksud dangan “Tetap Menjadi Pilihan Utama” adalah bahwa sekalipun banyak berdiri perusahaan retail yang sejenis namun Toserba YOGYA tetap dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya. Selain ditujukan kepada konsumen,visi ini juga ditujukan kepada para supplier sebagai tempat memasarkan produk mereka
Misi YOGYA adalah “Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat”.Dalam hal ini YOGYA senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para konsumennya secara lengkap dengan pelayanan yang memuaskan.

B.     Bisnis Objective
Bisnis objective 2013 adalah sebagai berikut:
1.      Sales growth follow by profit
2.      Compliance berarti harus patuh pada perintah atasan, system dan prosedur,peraturan perundang-undangan, peraturan perusahaan dan lainnya.
3.      Better, faster, and controllable
Dalam bekerja harus lebih baik, lebih cepat, dan efisien.

C.    Corporate Value
Moral Filosofi dari seluruh karyawan YOGYA Group adalah “ Jujur, Setia, dan Rendah Hati “. Dimana jujur berarti melakukan setiap kegiatan pada jalan yang benar, Setia adalah selalu menjaga nama baik perusahaan dimana pun kita berada, dan Rendah Hati menandakan bahwa dalam melakukan tindakan tidak berdasarkan ingin dipuji oleh orang lain.

D.    Tema Kerja
1998 : Thriving On Chaos2008 : Striving For Excellence
1999 : One Step Ahead2009 : Inovasi Pelayanan
2000 : Ready To Compete2010 : Do More
2001 : Be The Winner2011 : YOGYA On The Move : Satukan Langkah
2002 : Keep Learning2012 : MOVING FORWARD : Melangkah Maju
2003 : Continuous Improvement
2004 : Ready To Change 2013: Better &Faster : Lebih Baik dan Lebih Cepat
2005 :  Win The Customer’s Hearts
2006 : Maju, Ya Efisien!
2007 : Konsumen PUAS
II.6 Pola Kerja Costumer Service Operator
Waktu
Fokus
Aktivitas
Rutin
Tidak Rutin
Persiapan Buka Toko Konsumen
Ø  Informasi
·      Membaca Buku Komunikasi
o  Mengikuti breefing

Ø  Ruang
·      Berkeliling toko untuk membuat kesiapan acara/program
o  Mencatat acara/program yang akan berlangsung di hari itu

Ø  Bukan Barang Dagangan
·   Menerima telepon
·   Memutar Musik



·   Merapikan/Membersihkan Konter Customer Service



·   Mencatat atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko



·   Mencatat atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko

Buka Toko Konsumen
Ø  Konsumen
·   Memutar lagu pembukaan toko
·   Berdiri di konter saat lagi pembukaan berkumandang

Operasional
Ø  Konsumen
·   Melakukan customer touch
o  Melayani pernyataan dan keluhan Konsumen

Ø  Bukan Barang Dagangan




·   Menerima telepon
·   Memutar Musik
·   Melakukan proses pembuatan member baru dan perpanjangan sesuai dengan standar yang ada
o Menangani acara-acara yang akan dilaksanakan di toko

Ø  Informasi
·   Mengumumkan acara yang sedang berlangsung di toko

Pergantian Shift
Ø  Informasi
·   Memberitahukan tugas tugas yang sudah dilakukan dan belum di lakukan



·   Memberikan Informasi- Informasi yang harus diketahui oleh lawan shift




·   Serah terima stok barang hadiah

Menjelang Istirahat atau Shalat
Ø  Informasi
·      Istirahat diperkenankan setelah lawan shiftnya berada di counter



·      Menuliskan pesan dibuku komunikasi untuk disampaikan kepada yang bersangkutan pada saat yang bersangkutan sedang istirahat/shalat atau menyampaikan langsung kepada yang bersangkutan

Menjelang Tutup Toko
Ø  Informasi
·      Sesaat sebelum tutup toko mengumumkan kepada konsumen bahwa toko akan segera di tutup dan menginformasikan kassa mana saja yang masih dibuka
·      Memutar lagu penutupan toko
o  Merapihkan dan menghitung barang hadiah
Tugas Mingguan
Ø  Informasi
·      Melaksanakan general cleaning
·      Melakukan stok of name barang-barang hadiah
·      Membuat laporan keluhan  pelanggan





BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Praktek kerja adalah suatu kegiatan yang melakukan kewajiban untuk setiap siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan di perusahaan negeri ataupun swasta yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing, praktek kerja dilakukan dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Suatu pendidikan di perusahaan sangat berbeda dengan pendidikan yang telah dipelajari di sekolah, disinilah siswa/siswi dilatih untuk terbiasa lebih terampil dalam melaksanakan segala tugasnya sebagai siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), adapun yang dimaksud dengan Pendidikan Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadu secara sistematik dan sikron program pendidikan di sekolah dan program pengadaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu. Dari semua itu maka laporan ini disusun dengan sebaik baiknya.
I.2 Tujuan Penyusunan Laporan
1.      Sebagai bukti bahwa penulis telah mengikuti Pendidikan Sistem Ganda.
2.      Sebagai hasil tertulis dari hasil kegiatan praktek yang telah dilakukan di perusahaan tersebut.
3.      Sebagai bentuk pertanggung jawaban bahwa penulis telah menyelesaikan Pendidikan Sistem Ganda.
4.      Sebagai bahan acuan untuk memotivasi siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan supaya lebih berpotensi.
I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja
Pendidikan Sistem Ganda di lakukan di PT. AKUR PRATAMA TOSERBA YOGYA PURWAKARTA Jl. Jenderal Sudirman No.05 Nagri Tengah Purwakarta Jawa Barat, dan dimulai pada tanggal 13 Mei 2013 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2013. Adapun pembagian jadwal pembagian jam kerja sebagai berikut:
Senin-Jumat:                                          Sabtu & Minggu
Pagi             : 07.00 - 14.30                     Pagi : 07.00 – 15.00
Sela             : 11.00 - 18.30                     Sela : 11.00 –19.00
Siang           : 13.30 - 21.00                                           Siang         : 13.00 –21.00
I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan
Ruang lingkup masalah dan pembahasan yang di berikan antara lain :
»      Melaksanakan pelayanan prima ( service excellent )
»      Mengoperasikan Alat komunikasi
»      Menghadapi keluhan pelanggan
»      Menata Produk
»      Mempromosikan suatu barang
»      Memasukkan data pelanggan ke buku besar
»      Menginput data pelanggan
»      Melayani proses perpanjangan dan pembuatan member baru

I.5 Sistematika Penyusunan Laporan
Laporan Kegiatan Praktek ini saya susun menjadi VI BAB, Bab I Pendahuluan terdiri dari : I.1 Latar belakang, I.2 Tujuan Penyusunan Laporan, I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja, I.4 Ruang Lingkup Pekerjaan, dan I.5 Sistematika Penyusunan Laporan. Dan untuk Bab II Tinjauan Umum menguraikan tentang : II.1 Sejarah Singkat, II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas, II.3 Peraturan dan Disiplin Kerja, II.4 Perekrutan Tenaga Kerja, II. 5 PARADIGMA ( Visi, Misi, Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja), II.6 Pola kerja Custumer Service Operator. Adapun untuk Bab III menjelaskan tentang Jurnal Kegiatan dan terakhir Bab VI mengemukakan tentang Kesimpulan juga Saran. Adapun untuk halaman-halaman selanjutnya yaitu untuk lampiran-lampiran kegiatan praktik kerja PSG  seperti Daftar Hadir Praktik Kerja, Rekapitulasi Kehadiran Praktik Kerja dan lain lain .









BAB II
TINJAUAN UMUM

II.1 Sejarah Singkat
Paradigma yogya diartikan sebagai kerangka berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang di kembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di lingkungan perusahaan, serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
            Cikal bakal toserba yogya di awali oleh sebuah toko batik di jalan achmad yani (kosambi) bandung, dengan luas toko sekitar 100m2 dan karyawan berjumlah 8 orang. Took batik yang di beri namaDJOCKJA ini di dirikan dan di kelola secara sederhana oleh Bapak Gondosasmito bersama keluarga.
            Pada tahun 1972, pengelolaan toko diserahkan kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki dan Ibu Tina Handayani, dengan keuletan dan kerja keras dilakukan pembenahan, keinginan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi, sehingga yang tadinya hanya toko batik, berubah menjadi toko kelontong. Nama DJOCKJA tetap di pertahankan, akan tetapi penulisannya diganti menjadi YOGYA.
            Seiring dengan perkembangannya tanggal 28 oktober 1982 bertepatan dengan hari sumpah pemuda, dibuka cabang yang pertama di jalan sunda no. 60 dengan luas took 200m2 dengan 40 karyawan. Selanjutnya tanggal 28 oktober ditetapkan sebagai hari lahir Toserba Yogya.Selanjutnya pada tanggal 16 februari 2000, APRINDO melalui Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, menganugrahkan APRINDO AWARD kepada Bapak Boedi Siswanto Basuki sebagai salah satu perintis Ritel di Indonesia.
            Kantor pusat Yogya awalnya berada di jalan Sunda no.83, seiring dengan perkembangan aktifitas perusahaan dan jumlah kayryawan yang semakin bertambah, kantor pusat pindah menempati gedung baru yang lebih luas di jalan Soekarno – Hatta No. 236-238 Bandung, berdampingan dengan Distributor Centre (DC) yang telah ada sebelumnya.
Sementara gedung lama (Jalan Sunda No. 83) menjari Yogya Learning Centre, yakni sebagai pusat kegiatan Direktorat HRD.Sampai dengan Juni 2013, Yogya Group telah memiliki 76 Gerai Toserba Yogya dan Griya dan dikelompokan menjadi 7 Regional sebagai berikut:


WIL
Regional Mananger
SM PEMBINA
CABANG
JML
TOTAL


1
EDDIE BUDIANTO
EDDIE BUDIANTO
MJL, GBJ, GPH, YGT
4
22



YENNI SUCIATI
GBB, GHS, GMH, GMR, GBT, XYC
6



YOGI PREMADI
SMD, GTS, GJN, GCL
4



HERRY SOFRIADI
GCN, GUB, ATP, GAR
4



GIDEON
SAD, DNT, KSB, YLS
4

2
TUNGGUL W. AJI
TUNGGUL W. AJI
GSB, YSJ, GLB, XDG, YCB
5
17



HERYANTO
YPC,GSS, GTK, YPJ, YSS
5



VICTOR DJOJOHARTONO
PSR, STR, YCW, XCW
4



ENENG SUMIASIH
KPT, KPM, GKP
3

3
LILIK MAWARWATI

YRI, YMD, YJB
3
3

4
H. UUS KUSNIADI
H. UUS KUSNIADI
GRT
1
7



BUDI NURHIKMAT
TSK, MBT, GCW
3



ULAM F. SINAGA
CMS, BJR, YMJ
3

5
YULIANA TINAWATI
YULIANA TINAWATI
GRN, SLW, GKN, YKN
4
13



DJOKO RAHARDJO
YJB, IDM, GJB, MJK
4



AKHMAD DIANI
YSG, PMK, YPT, PWK, YCK
5

6
YULIANA TINAWATI
WAWAN PRISTANTO
YTG, YLO, YKG, YSL, YPL, YBR
6
6

7
ENDANG YUDHI
ENDANG YUDHI
YBJ, GCR
2
8



DEDE Y. GUMELAR
BGR, SKB, YCJ
3



N.A. PRIHANTARA
BGI, M2M,PDB
3


II.2 Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas
Jumlah karyawan di Toserba Yogya Purwakarta adalah sebanyak 213 Orang yang terdiri dari 25 Staff dan 187 Non Staff dengan rincian sebagai berikut:
Store Manager             :           Jefri
Regional Staf              :           Tanti Riana (Regional Keuangan)
Staf (Back Office)     
1. Personalia                   : Hendra Gunawan
2. Keuangan I                : Steffi Christianti
3. Keuangan II               :Debora
4. Keuangan III             :Julianti           
5. Buyer Food                :Ria Nur Afriyani       
5. Buyer Non Food        : Tinti Marilia
6. Receiving& Gudang  : Yadi Supriyadi
7. EDP                           : Erik Wijaya

Staff Operational
1. CO Supermarket        : Pratama Alam Ulama
2. CO Fashion                : Marsito Adjie
3.SPV Food                   : Usep Ridin, Deri Ferdiansyah, dan Gianti Triana
4. SPV Non Food          : Ferdy Kustiawan
5. SPV Fresh                  : Wahidin Aria Nugraha dan Topan Herawan
6. SPV GMS                  : Ririn Suhaerinawati
7. SPV Bakery               : Dicky Supriatna
8. SPV Foodcourt          : Achmad Gumelar
9. SPV Ladies                : Astri Wahyuningsih
10. SPV Mens Wear      : Rahmat Hidayat
11.SPV Shoes & Bags   : Widaningsih
12.SPV Baby & Kids    : Clara Desy
13. Staf Umum              : Teddy Tisna Firmansyah
13. Staf CSO                 : Nia Kurnia
Adapun yang membantu kegiatan operasional Yogya Purwakartaadalah :
1.      Adm                                     : 15 orang
2.      DT (Teknisi & Baker)          : 6 orang
3.      CR (Customer Relation)      : 3 orang
4.      KS (Kasir)                            : 44 orang
5.      Service Crew (SC)               : 108 orang
Adapun rincian pembagiannya, yaitu :
                     1. Keamanan (KN)         : 11 Orang
2. ADM 
a.         Adm. Personalia          : 1 Orang              d. Adm. Brankas:1 Orang
b. Adm. Receiving      : 2 Orang            e. Adm Keuangan : 8 Orang
c. Adm. Bakery           : 1 Orang           f. Adm. Fresh  : 1 Orang

3. DT                              4. CR (Costumer Relation)
a. Teknisi                     : 2 Orang                   a. CR     : 3 Orang
b. Butcher                   : 1 Orang                  b. Tipbar : 2 Orang
c. Bakery                     : 4 Oran
5. KS (Kasir)                 
a.Koord. Kasir                        : 1 Orang
b.         Kasir                : 44 Orang
6. SC (Service Crew)    
a.  SC Food                 : 18 Orang           g. SC Gudang: 11 Orang
b. SC Fresh                 : 15 Orang          h. SC Ladies            : 11 Orang
c. SC Non Food          : 10 Orang         i.  SC Mens Wear    : 5 Orang
d. SC GMS                 : 10 Orang          j. SC Shoes &Bags : 4 Orang
e.SC Bakery                : 8 Orang           k. SC Baby &Kids  : 7 Orang
f. SC Foodcourt          : 2 Orang
Operasional Toserba Yogya Purwakarta dibantu pula oleh beberapa karyawan Outsourching yang bergerak di bidang kebersihan, yang dilakukan oleh :
Kebersihan (MJM)   : 34 Orang











Dibawah ini merupakan struktur organisasi Toko Cabang YOGYA Purwakarta:
STORE MANAGER
CO SUPERMARKET
CO FASHION
BUYER
SPV
ADM
SC
SPV
SC
ACCOUNTING SPV KASSIR
PERSONALIA &
 UMUM
EDP
RECEIVING
ADM
KASSIR
ADM
DT
TEKNISI
KN
OUTSORCHING
CS
TUKANG
ADM
CHECKER (SC)
PG (SC)
VISUAL
DT
CSO
CR
Tipbar















II.3 Peraturan dan Disiplin Kerja
j       Jadwal Shift & jam kerja ditentukan oleh personalia dengan mengindahkan peraturan yang berlaku :
Senin-Jumat:                                            Sabtu & Minggu:
Pagi             : 07.00 - 14.30                        Pagi             : 07.00 – 15.00
Sela             : 11.00 - 18.30 Sela                                    : 11.00 – 19.00
Siang           : 13.30 - 21.00 Siang                                  : 13.00 – 21.00
·         Istirahat 1 jam (diatur oleh cabang masing-masing)
·         Jadwal melaksanakan sholat Ashar dan Maghrib diatur secara bergiliran
·         Jadwal off ditentukan oleh cabang masing-masing (jadwal off hari Senin sd Jumat)
·         Hari Libur nasional siswa prakerin diliburkan tanpa mengurangi hak off setiap minggunya (kecuali jika jadwal off jatuh di hari libur nasional)
·         Setiap kegiatan/acara sekolah yang mengharuskan siswa meninggalkan pekerjaan, pihak sekolah wajib menyampaikan surat resmi kepada perusahaan.
j       Mengisi kartu hadir pada mesin pencatat waktu, saat tiba ditempat kerja, saat keluar istirahat, saat masuk setelah istirahat serta saat pulang bekerja.
j       Pengisian kartu hadir hanya boleh dilakukan oleh siswa PRAKERIN yang bersangkutan.
j       Sakit dengan surat dokter diwajibkan mengganti hari kerja dengan ketentuan 1 surat dokter 1 hari kerja (dengan melampirkan: surat keterangan sakit dari dokter, kuitansi dokter , kuitansi obat/apotik, copy resep/obat).
j       Ijin atau sakit tanpa surat dokter, diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang digunakan untuk ijin atau sakit tanpa surat dokter.
j       Mangkir (tidak masuk tanpa berita), diganti sesuai dengan jumlah hari kerja yang digunakan untuk mangkir dan dikenakan sanksi terhadap nilai (akademis).
j       Ijin tidak masuk kerja harus dibicarakan terlebih dahulu dengan atasan langsung, minimal 1 hari sebelumnya.
j       3 kali datang terlambat dan atau pulang sebelum waktunya dalam satu periode absensi diwajibkan mengganti 1 hari kerja dan dikenakan sanksi terhadap nilai (akademis).
j       3 kali mangkir (tidak masuk tanpa berita) dalam satu periode absen peserta dianggap mengundurkan diri.
j       Penggantian hari kerja dilakukan pada akhir program Prakerin. Tidak diijinkan diganti dengan hari off-nya.
j       Menggunakan seragam, untuk wanita kemeja lengan panjang/pendek warna hitam (model standar kemeja sekolah) dan celana panjang warna hitam model standar (bukan jeans, bukan kaos, bukan model pinsil), untuk pria kemeja lengan pendek warna hitam dengan celana panjang warna hitam.
j       Sepatu formal warna hitam tertutup. Untuk pria menggunakan ikat pinggang hitam dan kaos kaki.
j       Wajib menggunakan tanda pengenal (ID Card) dari personalia selama jam kerja. ID card harus bersih, menggunakan foto diletakkan di kiri atas (dada kiri).
j       Apabila melakukan tindakan yang merugikan perusahaan, maka pihak YOGYA berhak menggambil tindakan tegas.
j       Tidak diijinkan untuk menggunakan sarana dan prasarana (telpon, tester, computer, foto copy) yang berada dilingkungan kerja untuk kepentingan pribadi.
j       Tidak diijinkan menggunakan handphone/alat komunikasi di area penjualan.
j       Personalia dan staf terkait berhak menegur dan memberi sanksi pada siswa PRAKERIN yang melanggar peraturan, serta laporkan pada pihak sekolah dan Learning Centre Dept.
j       Pihak Toserba YOGYA berhak memberhentikan kegiatan PRAKERIN jika peserta yang bersangkutan melanggar ketentuan yang disebut diatas.

II.4 Perekrutan Tenaga Kerja
SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
Catatan:
Kriteria Tes Fisik: - Tinggi Karyawan                               - Penyakit Kulit
-    Tato                                                  - Mata/Kacamata
-    Tindik                                               - Cacat Fisik
Jenis pekerjaan yang mengikuti tes lanjutan:   - Administrasi
                                                                    -Pelaksana Visual
-    Driver
-    Teknisi
      Jenis pekerjaan yang mengikuti tes lanjutan dan nego:    - Cook
                                                            - Baker
                                                            - Butcher
Selain jenis pekerjaan diatas : Negosiasi gaji sudah termasuk didalam wawancara
PROSEDUR SELEKSI KARYAWAN BARU NON STAFF
PELAKSANA
PROSES
DOKUMEN

Mulai

Administrasi
Perapihan dan pendataan lamaran
Lamaran calon karyawan
Tim Rekrut
Seleksi Administrasi
Lamaran calon karyawan
Administrasi
Input data hasil seleksi Administrasi dan pemanggilan
Lamaran calon karyawan
Tim Rekrut
Tes Fisik
Lamaran calon karyawan

Lulus
Kompetensi jabatan
Tim Pewawancara
Wawancara
Form lamaran karyawan
(Rekrut/Personalia)
Lulus
Form kompetensi dan PETA
Tim Psikotes
Pelaksanaan Psikotes


Lulus

User
Perlu wawancara/ Tes lanjutan (user)
Lulus
Perlu Negosiasi
 Memo hasil wawancara user (keputusan & tanda tangan)/ form wawancara Hard Competency (lanjutan)
Tim Rekrut
Negosiasi
CV calon karyawan

Setuju?
Perlu Tes Kesehatan
Rekap Wawancara
Form Disposisi
Lembaga/Tenaga Medis yang ditunjuk perusahaan & Tim Rekrut
Tes Kesehatan
Lulus
Penempatan
Selesai
Rujukan Pemeriksaan kesehatan karyawan
Form hasil wawancara dan psikotes



Administrasi
Pemberitahuan ke Pelamar
Rekap wawancara
Form surat pemberitahuan

Selesai


PROSEDUR SELEKSI KARYAWAN BARU STAFF
PELAKSANA
PROSES
DOKUMEN

Mulai

Administrasi
Perapihan dan Pendataan lamaran
Lamaran calon karyawan
Tim Rekrut
Selesai Administrasi, Input, dan Pemanggilan
Lamaran calon karyawan
Tim Psikotes
Pelaksanaan Psikotes
Form Psikotes

Sudah wawancara

Tim Pewawancara
Wawancara
Kompetensi jabatan
(recrut HRD)
Sudah Psikotes
Form lamaran kerja


Form Kompetensi & PETA
Tim Psikotes & Tim Pewawancara
Konsolidasi Hasil Wawancara & Psikotes


Lulus


User
Perlu wawancara user
Wawancara user
Memo hasil wawancara user (keputusan dan tanda tangan /form wawancara HRD Competency
Presiden Direktur
Resview Presdir
Lulus
CV calon karyawan, Rekap hasil wawancara, Hasil psikotes
HRD Manager/HRD Director
Negosiasi Gaji
Setuju
CV calon karyawan , Rekap wawancara,  Form Disposisi
Lembaga/tenaga medis yang ditunjuk perusahaan
Tes kesehatan
Lulus
Rujukan pemeriksaan kesehatan karyawan, catatan kesehatan karyawan dari tim medis
HRD Manager/HRD Director
Penempatan
Form hasil wawancara & psikotes

Selesai




Administrasi
Pemberitahuan ke Pelamar
Rekap wawancara , Form Surat pemberitahuan

Selesai



II.5 PARADIGMA ( Visi, Misi, Bisnis Objektif, Corporate Value, Tema Kerja)
Paradigma yogya diartikan sebagai kerangka berfikir yogya mengandung nilai – nilai yang di kembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan di lingkungan perusahaan, serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
A.    Visi dan Misi
YOGYA memiliki visi yaitu, “Tetap Menjadi Pilihan Utama”. Dalam hal ini yang dimaksud dangan “Tetap Menjadi Pilihan Utama” adalah bahwa sekalipun banyak berdiri perusahaan retail yang sejenis namun Toserba YOGYA tetap dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya. Selain ditujukan kepada konsumen,visi ini juga ditujukan kepada para supplier sebagai tempat memasarkan produk mereka
Misi YOGYA adalah “Setia Memenuhi Kebutuhan Masyarakat”.Dalam hal ini YOGYA senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para konsumennya secara lengkap dengan pelayanan yang memuaskan.

B.     Bisnis Objective
Bisnis objective 2013 adalah sebagai berikut:
1.      Sales growth follow by profit
2.      Compliance berarti harus patuh pada perintah atasan, system dan prosedur,peraturan perundang-undangan, peraturan perusahaan dan lainnya.
3.      Better, faster, and controllable
Dalam bekerja harus lebih baik, lebih cepat, dan efisien.

C.    Corporate Value
Moral Filosofi dari seluruh karyawan YOGYA Group adalah “ Jujur, Setia, dan Rendah Hati “. Dimana jujur berarti melakukan setiap kegiatan pada jalan yang benar, Setia adalah selalu menjaga nama baik perusahaan dimana pun kita berada, dan Rendah Hati menandakan bahwa dalam melakukan tindakan tidak berdasarkan ingin dipuji oleh orang lain.

D.    Tema Kerja
1998 : Thriving On Chaos2008 : Striving For Excellence
1999 : One Step Ahead2009 : Inovasi Pelayanan
2000 : Ready To Compete2010 : Do More
2001 : Be The Winner2011 : YOGYA On The Move : Satukan Langkah
2002 : Keep Learning2012 : MOVING FORWARD : Melangkah Maju
2003 : Continuous Improvement
2004 : Ready To Change 2013: Better &Faster : Lebih Baik dan Lebih Cepat
2005 :  Win The Customer’s Hearts
2006 : Maju, Ya Efisien!
2007 : Konsumen PUAS
II.6 Pola Kerja Costumer Service Operator
Waktu
Fokus
Aktivitas
Rutin
Tidak Rutin
Persiapan Buka Toko Konsumen
Ø  Informasi
·      Membaca Buku Komunikasi
o  Mengikuti breefing

Ø  Ruang
·      Berkeliling toko untuk membuat kesiapan acara/program
o  Mencatat acara/program yang akan berlangsung di hari itu

Ø  Bukan Barang Dagangan
·   Menerima telepon
·   Memutar Musik



·   Merapikan/Membersihkan Konter Customer Service



·   Mencatat atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko



·   Mencatat atau menyimpan barang barang yang tertinggal di toko

Buka Toko Konsumen
Ø  Konsumen
·   Memutar lagu pembukaan toko
·   Berdiri di konter saat lagi pembukaan berkumandang

Operasional
Ø  Konsumen
·   Melakukan customer touch
o  Melayani pernyataan dan keluhan Konsumen

Ø  Bukan Barang Dagangan




·   Menerima telepon
·   Memutar Musik
·   Melakukan proses pembuatan member baru dan perpanjangan sesuai dengan standar yang ada
o Menangani acara-acara yang akan dilaksanakan di toko

Ø  Informasi
·   Mengumumkan acara yang sedang berlangsung di toko

Pergantian Shift
Ø  Informasi
·   Memberitahukan tugas tugas yang sudah dilakukan dan belum di lakukan



·   Memberikan Informasi- Informasi yang harus diketahui oleh lawan shift




·   Serah terima stok barang hadiah

Menjelang Istirahat atau Shalat
Ø  Informasi
·      Istirahat diperkenankan setelah lawan shiftnya berada di counter



·      Menuliskan pesan dibuku komunikasi untuk disampaikan kepada yang bersangkutan pada saat yang bersangkutan sedang istirahat/shalat atau menyampaikan langsung kepada yang bersangkutan

Menjelang Tutup Toko
Ø  Informasi
·      Sesaat sebelum tutup toko mengumumkan kepada konsumen bahwa toko akan segera di tutup dan menginformasikan kassa mana saja yang masih dibuka
·      Memutar lagu penutupan toko
o  Merapihkan dan menghitung barang hadiah
Tugas Mingguan
Ø  Informasi
·      Melaksanakan general cleaning
·      Melakukan stok of name barang-barang hadiah
·      Membuat laporan keluhan  pelanggan



KESIMPULAN DAN SARAN



BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

VI.1 Kesimpulan
Dari kegiatan Pendidikan Sitem Ganda yang telah saya lakukan, saya dapat menarik kesimpulan bahwa Program PSG ini dapat membantu saya dalam melaksanakan tugas dari sekolah dengan sebaik baiknya serta dengan kejujuran dan kedisiplinan, Program PSG ini juga merupakan sumber awal untuk mengetahui situasi dalam bekerja. Dengan adanya Program PSG ini saya mendapat pelajaran penting dan pelajaran lebih mendalam lagi tentang teori-teori di jurusan saya, dan kegiatan ini merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

II.2 Saran
A.  Untuk Sekolah
«  Fasilitas sekolah diharapkan bisa lebih lengkap lagi agar lebih menunjang untuk proses belajar mengajar dengan baik, terutama untuk pelajaran kejuruan.
«  Pada saat pembekalan, pemberian materinya diharapkan lebih menarik lagi agar para siswa/siswi yang mendengarkan tidak merasa bosan dan jenuh.
«  Pada saat siswa/siswi melakukan praktek diharapkan guru pembimbing / guru-guru yang lainnya masih menjaga komunikasi dengan siswa/siswi.

B.     Untuk Dunia Kerja
«  Diharapkan baik karyawan/karyawati Yogya Purwakarta agar lebih ramah lagi terhadap konsumen agar konsumen lebih nyaman lagi berada di area seputaran pembelanjaan.
«  Diharapkan apabila barang promo hadiah telah habis, POP promo yang ada agar segera dilepas dari tempat area promo agar tidak mengecewakan banyak pelanggan.
«  Hubungan antara karyawan, siswi Prakerin, dan Staf diharapkan lebih akrab lagi agar dalam bekerja lebih semangat lagi dan apabila ada masalah dapat teratasi dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH JURNAL SMK PEMASARAN"

Posting Komentar